Astra Motor NTB membantu pemulihan ekonomi korban gempa

0
128
Perwakilan Astra Motor NTB menyerahkan bantuan kambing peranakan etawa kepada kelompok warga di Desa Dopang, Kecamatan Gunungsari, Kabupaten Lombok Barat. (Foto Astra Motor NTB)
Perwakilan Astra Motor NTB menyerahkan bantuan kambing peranakan etawa kepada kelompok warga di Desa Dopang, Kecamatan Gunungsari, Kabupaten Lombok Barat. (Foto Astra Motor NTB)

Mataram (NTBOne) – Satu tahun gempa bumi yang melanda sejumlah kabupaten/kota di Nusa Tenggara Barat telah berlalu, namun ekonomi warga terdampak belum pulih sepenuhnya.

Atas dasar itu, Astra Motor NTB berinisiatif membantu pemulihan ekonomi warga yang terdampak gempa bumi. Caranya denga memberikan bantuan indukan kambing peranakan etawa kepada kelompok masyarakat.

“Kami memberikan modal kerja/usaha dengan harapan dapat dikembangkan lebih lanjut dan berkesinambungan,” kata Kepala Regional Astra Motor NTB, Budi Yanto.

Bantuan tersebut, kata dia, merupakan salah satu dari empat pilar program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) Astra Motor, yaitu “income generating activities” (IGA), selain di bidang pendidikan, lingkungan dan kesehatan.

Program IGA yang dijalankan Astra Motor NTB bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat yang terdampak gempa. Selain itu, untuk memberikan peluang kerja baru, khususnya bagi warga kurang mampu.

Budi menyebutkan bantuan modal kerja berupa indukan peranakan kambing etawa sudah disalurkan kepada kelompok masyarakat di Dusun Batu Butir, dan Desa Dopang, Kecamatan Gunungsari, Kabupaten Lombok Barat. Bantuan serupa juga akan diberikan kepada kelompok warga terdampak gempa di Desa Guntur Macan, pada Agustus 2019.

Astra Motor NTB terlibat dalam penanganan dampak gempa bumi mulai dari tahap pertama yang bersifat jangka pendek, yakni menyalurkan bantuan bahan pangan dan logistik lainnya.

Kemudian dilanjutkan dengan bantuan untuk jangka panjang dalam bentuk penyaluran bantuan indukan peranakan kambing etawa yang diharapkan mampu memulihkan perekonomian warga terdampak gempa.

“Kami meyakini, peternakan kambing bisa menggerakkan perekonomian warga terdampak gempa secara berkesinambungan dan bermanfaat untuk masyarakat,” katanya.

Zainullah selaku anggota program IGA Astra Motor NTB menambahkan, pihaknya menyalurkan bantuan indukan peranakan kambing etawa Dusun Batu Butir, Desa Kekait, dan Desa Dopang, Kecamatan Gunungsari, karena merupakan salah satu daerah terdampak gempa paling parah di Kabupaten Lombok Barat.

Jumlah kambing yang diberikan sebanyak delapan ekor, terdiri atas enam betina dan dua pejantan. Ternak tersebut dikelola oleh kelompok warga Dusun Batu Butir yang beranggotakan lima kepala keluarga.

Sementara kelompok warga di Desa Dopang, memperoleh tujuh ekor kambing peranakan etawa, terdiri atas enam betina dan satu pejantan.

Bantuan serupa akan segera disalurkan kepada kelompok warga Desa Guntur Macan, Kecamatan Gunungsari, Kabupaten Lombok Barat, yang juga merupakan daerah terdampak parah akibat gempa bumi.

“Bantuan ternak yang kami berikan sifatnya bergulir. Nanti setelah melahirkan, induk kambing diberikan kepada anggota lainnya. Setelah semua anggota mendapatkan anak kambing, indukan digulirkan kembali kepada kelompok lainnya,” ucap Zainullah yang didampingi Ni Nyoman Suastini, yang juga anggota IGA Astra Motor NTB.

Ia mengatakan pihaknya tetap memberikan pembinaan kepada kelompok warga untuk memastikan bahwa kambing tersebut benar-benar dipelihara dengan baik, sehingga bisa memberikan dampak ekonomi.

“Kami melakukan pengawasan dua kali dalam sebulan. Bahkan, kami membawa dokter hewan dari Kota Mataram untuk memeriksa kondisi kambing terseubt. Dan kami tetap berkoordinasi dengan ketua kelompok,” katanya.

Ke depan, Astra Motor NTB juga akan membantu memfasilitasi kelompok peternak binaannya dalam hal pemasaran, terutama pelaku usaha kuliner berbahan baku daging kambing. (Din)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here