Astra Motor NTB Perluas IGA Honda Bantu UMKM Warga

0
31

Mataram, ntbone – Sesuai CEO Letter tahun 2023 yaitu setiap cabang Astra Motor wajib mengembangkan inovasi program pada 4 pilar CSR, yaitu pendidikan, kesehatan, lingkungan dan IGA/UMKM.

Sebagai upaya untuk menuju Sustainable Development Goals dibutuhkan upaya dari seluruh pihak baik pemerintah, masyarakat maupun perusahaan, maka Astra Motor NTB sendiri dalam salah satu pilar nya memberikan CSR atau bantuan pada pilar UMKM yaitu membina IGA budidaya maggot dan keripik beleleng berbahan sorgum, untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di wilayah Lingsar dan Lombok Tengah, serta memberdayakan masyarakat sekitar untuk turut andil dalam meningkatkan perekonomian dengan memanfaatkan limbah yang ada.

Budidaya maggot merupakan binaan Astra Motor NTB di daerah Lingsar dimana 1 kelompok yang kita bina untuk diberikan bantuan berupa kotak untuk ternak maggot, bakul maggot untuk diserahhkan ke warga sekitar, serta modal yang harapannya mampu meringankan biaya produksi.

Selain membina budidaya maggot, Astra Motor NTB juga melalui IGA membantu warga binaan yang berada di wilayah Kecamatan Aik Mual Lombok Tengah dalam mengembangkan usaha Keripik buleleng yang dimana Astra Motor NTB sendiri memberikan bantuan berupa alat dan bahan untuk memudahkan dalam produksi keripik ini atau yang lebih dikenal sebagai keripik tortilla buleleng.

Berbahan dasar sorgum yang mana kita ketahui bahwa sorgum merupakan makanan yang dulunya pengganti beras tetapi bergizi tinggi dan Lombok Tengah merupakan salah satu wilayah penghasil sorgum yang ada di NTB.

“Income Generate Astra (IGA) sendiri telah bergulir setiap tahunnya sejak tahun 2016. Melalui program IGA ini Astra Motor NTB telah membantu menciptakan peluang usaha baru bagi masyarakat binaannya yang kurang mampu untuk berwirausaha secara mandiri. Tujuan CSR Astra Motor NTB ini juga diselaraskan dengan tujuan Pemerintah untuk mengembangkan potensi wirausaha masyarakat di NTB,” jelas Ivan Pratama Admin.Fin Manager Astra Motor NTB. (Din)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini