Beranda NTB Basarnas Mataram Siagakan Personel Antisipasi Kejadian Selama Libur Nataru

Basarnas Mataram Siagakan Personel Antisipasi Kejadian Selama Libur Nataru

90
0
Basarnas Mataram menggelar ape siaga libur Nataru. (Dok Basarnas Mataram)
Basarnas Mataram menggelar ape siaga libur Nataru. (Dok Basarnas Mataram)

Mataram (NTBOne) – Menjelang perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (Nataru), Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Mataram, Nusa Tenggara Barat menyiagakan puluhan personel dan peralatan.

Siaga Khusus Nataru diawali dengan apel kesiapsiagaan yang dilaksanakan di halaman kantor, Kamis (18/12), pukul 07.30 Wita.

“Siaga SAR Khusus akan dilaksanakan selama 18 hari dari tanggal 18 Desember 2020 sampai dengan 4 Januari 2021. Puncak arus mudik diperkirakan pada tanggal 23 Desember 2020 dan puncak arus balik tanggal 3 Januari 2021,” kata Nanang Sigit PH Kepala Basarnas Mataram saat membacakan amanat dari Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI (Purn) Bagus Puruhito.

Dalam amanatnya, beberapa hal yang ditekankan kepada semua petugas siaga adalah agar selalu aktif berkoordinasi dan bersinergi dengan potensi SAR terkait, menjaga nama baik organisasi, ikuti prosedur yang ada, bekerja secara profesional, sinergi dan militan, serta utamakan faktor keselamatan dalam pelayanan SAR bagi petugas dan masyarakat serta jangan kendor dengan Protokol Kesehatan terkait pandemi Covid19.

Untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan di darat maupun laut, puluhan personel dan peralatan diterjunkan di beberapa titik lokasi yang dianggap berpotensi rawan terjadinya hal tersebut seperti di pelabuhan, bandar udara dan tempat-tempat wisata.

“Menjelang perayaan tahun baru, kami akan lebih fokus siaga di lokasi wisata air seperti di pantai, mengingat musibah yang kita tangani di tempat – tempat tersebut meningkat dibandingkan tahun sebelumnya,” ucap Nanang usai memimpin apel.

Dalam pelaksanaan kegiatan pengamanan, alat utama yang disiagakan antara lain Kapal Rescue Boat 220 Mataram yang sandar di Pelabuhan Lembar, Rigit Inflatable Boat (RIB), Rubber Boat, kendaraan operasional dan peralatan lainnya. (Din)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here