Beranda Headline BCA Mendukung Karya Kreatif Indonesia-Eksotisme Lombok

BCA Mendukung Karya Kreatif Indonesia-Eksotisme Lombok

143
0
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, memberikan sambutan melalui konferensi video pembukaan Karya Kreatif Indonesia 2021: Eksotisme Lombok, yang disaksikan di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, NTB. (Foto istimewa)
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, memberikan sambutan melalui konferensi video pembukaan Karya Kreatif Indonesia 2021: Eksotisme Lombok, yang disaksikan di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, NTB. (Foto istimewa)

Mataram (NTBOne) – Sebagai bentuk konsistensi dan dukungan bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah, BCA kembali mendukung penyelenggaraan program pemerintah bertajuk Karya Kreatif Indonsia-Eksotisme Lombok dalam rangka mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang kali ini difokuskan untuk UMKM unggulan Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Seremoni pembukaan Karya Kreatif Indonesia-Eksotisme Lombok dipusatkan di Pantai Kuta, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, NTB, pada Rabu (3/3).

Hadir dalam pembukaan secara virtual, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Gubernur NTB Dr Zulkieflimansyah, Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja, dan EVP Transaction Banking Business Development BCA I Ketut Alam Wangsawijaya.

Sementara itu, Kepala BCA Kantor Cabang Utama Cakranegara-Mataram Indrawanto Sahama, bersama 50 pelaku UMKM unggulan NTB menghadiri secara langsung acara tersebut dengan tetap mematuhi protokol kesehatan COVID-19.

Direktur BCA Jahja Setiaatmadja mengatakan merupakan suatu kebanggaan bagi perusahaannya dapat menjadi bagian dalam Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) 2021.

Hal itu sejalan dengan komitmen BCA dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional, khususnya melalui sektor UMKM.

“Kami berharap gerakan tersebut dapat mendorong masyarakat untuk makin mencintai, mengembangkan dan meningkatkan nilai tambah produk lokal dan bangga dengan buatan Indonesia,” ujarnya.

Program yang diprakarsai Bank Indonesia kali ini mengangkat tema “Karya Kreatif Indonesia-Eksotisme Lombok”.

BCA, kata dia, turut menyukseskan rangkaian kegiatan Gernas BBI 2021 dengan melakukan pelatihan dan pendampingan kepada 20 UMKM unggulan di wilayah NTB untuk bergabung di program Bangga Lokal, serta membantu program pemasaran melalui situs e-commerce dengan memberikan potongan harga.

Tak ketinggalan, BCA pun memberikan sarana promosi bagi UMKM di kantor cabang BCA di wilayah NTB.

Sejalan dengan Gernas BBI, BCA telah mengembangkan program Bangga Lokal di akhir 2020. Program Bangga Lokal telah menghimpun lebih dari 200 merchant yang terdiri atas merchant kesehatan dan kecantikan, fashion, makanan dan minuman serta hobi dan aktivitas.

“Program Bangga Lokal pun akan terus berlanjut di tahun 2021 dengan membawa brand-brand lokal lainnya,” ucap Jahja.

Secara kongkret, lanjutnya, BCA melakukan pendampingan UMKM dengan cara membantu mengkurasi produk-produk UMKM sehingga dapat diangkat melalui program promosi dan komunikasi.

Selan itu, dapat meningkatkan kepercayaan dan penjualan, membantu proses persiapan UMKM untuk onboarding dalam e-commerce maupun platform penjualan berbasis digital yang memudahkan konsumen mengakses produk UMKM.

Pihaknya juga membantu proses pengembangan bisnis melalui fasilitas kredit bagi yang memenuhi syarat dan infrastruktur pembayaran elektronik (QRIS dan EDC).

“Kami harap rangkaian Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dapat memberikan dampak positif, tidak hanya kepada BCA tapi bagi masyarakat Indonesia. Semoga program tersebut dapat mendorong kebangkitan produk lokal Indonesia,” kata Jahja. (Din)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here