Bersinergi kembangkan desa wisata NTB

0
339

NTBOne – Komisi XI DPR RI bersama Bank Indonesia bersinergi mendorong pengembangan desa wisata di Provinsi Nusa Tenggara Barat karena diyakini bisa menjadi salah satu motor penggerak perekonomian masyarakat di perdesaan.

Anggota Komisi XI DPR RI Fraksi Gerindra dari Daerah Pemilihan NTB, H Willgo Zainar, mengatakan salah satu bentuk upaya mendorong berkembangnya desa wisata adalah dengan menyerap aspirasi dari kelompok sadar wisata (pokdarwis) se-Pulau Lombok, dan beberapa perwakilan kepala desa yang sudah dijadikan desa wisata.

Beragam aspirasi disampaikan dalam sosialisasi tentang peran Bank Indonesia mendukung pariwisata di NTB.

Dalam sosialisasi tersebut diperoleh berbagai informasi dari ratusan peserta yang hadir tentang persoalan yang masih dihadapi terkait pengembangan desa wisata.

Ada juga informasi tentang potensi desa wisata yang bisa dikembangkan lagi, namun terkendala aturan di tingkat kementerian.

Willgo yang jua menjabat sebagai Wakil Ketua Badan Akuntabilitas Keuangan Negara (BAKN) DPR RI menilai bahwa secara umum para kepala desa di NTB, sudah mulai sadar tentang pentingnya pengembangan desa wisata.

Hanya saja masih butuh pendampingan dari pemerintah, baik terkait sumber daya manusia wisata, pola pengembangan desa wisata, hingga bantuan infrastruktur untuk pembangunannya.

Seluruh masukan dari pokdarwis dan para kepala desa akan ditindaklanjuti di DPR dan kementerian. Sedangkan Bank Indonesia bisa membantu dari sisi digitalisasi pemasaran desa wisata.

Sementara itu, Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi NTB, Achris Sarwani, mengatakan pihaknya juga memiliki tanggung jawab untuk membantu pengembangan desa wisata.

Pengembangan itu diarahkan dalam bentuk sistem pemasaran dari desa wisata yang terintegrasi secara digital.

Menurut Achris, pengembangan desa wisata akan dapat membantu meningkatkan sumbangan produk domestok regional bruto (PDRB) NTB dari sektor pariwisata yang selama ini masih kecil dibandingkan dengan sektor pembangunan lainnya.

Dampak ekonomi dari berkembangnya desa wisata juga akan dapat secara langsung dirasakan oleh masyarakat yang tinggal di perdesaan. (Din)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here