BPJS Ketenagakerjaan Serahkan Santunan Kepada Ahli Waris Perangkat Desa Loteng

0
389
Wakil Bupati Lombok Tengah, Lalu Pathul Bahri, secara simbolis menyerahkan santunan kematian kepada salah seorang ahli waris perangkat desa yang meninggal dunia. (ist)
Wakil Bupati Lombok Tengah, Lalu Pathul Bahri, secara simbolis menyerahkan santunan kematian kepada salah seorang ahli waris perangkat desa yang meninggal dunia. (ist)

Lombok Tengah (NTBOne) – BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Perintis Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, menyerahkan santunan kematian kepada beberapa ahli waris peserta program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

Santunan diserahkan langsung oleh Wakil Bupati Lombok Tengah, Lalu Pathul Bahri, secara simbolis pada acara apel pagi dan senam bersama seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Pemkab Lombok Tengah, di Praya, Jumat (26/07/2019).

Total santunan kematian yang diberikan sebesar Rp99.795.520, kepada para ahli waris. Adapun rinciannya adalah santunan diberikan kepada tiga orang ahli waris, yakni Nurhasanah yang merupakan ahli waris dari almarhum Warsi, peserta BPJS Ketenagakerjaan yang didaftarkan sebagai peserta di perangkat Desa Sengkerang, Kecamatan Praya Timur dengan nilai santunan sebesar Rp45.859.740.

Kemudian kepada Muslimin yang merupakan ahli waris almarhum Habirin, yang terdaftar kepesertaanya oleh perangkat Desa Labulia, Kecamatan Jonggat dengan nilai santunan yang diberikan Rp27.447.670.

Selanjutnya kepada Masni selaku ahli waris dari almarhum Suhirman, yang merupakan peserta terdaftar oleh perangkat Desa Kopang Rembiga, Kecamatan Kopang, sejumlah Rp26.488.110.

Wakil Bupati Lombok Tengah, Lalu pathul Bahri, mengatakan melihat besar manfaat yang bisa diterima oleh pekerja dan keluarga dari program BPJS Ketenagakerjaan, pihaknya memandang penting dan mendukung terselenggaranya program Jaminan Sosial BPJS Ketenagakerjaan bagi para pekerja.

Sementara itu, Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang NTB, Sony Suharsono, menegaskan BPJS Ketenagakerjaan hadir sesuai marwahnya adalah untuk menjamin hak warga negara akan jaminan sosial yang layak.

Salah satunya adalah jaminan sosial ketenagakerjaan berupa perlindungan dari resiko-resiko sosial yang mungkin terjadi seperti resiko kecelakaan kerja, kematian, hilang atau berkurangnya penghasilan karena pemutusan hubungan kerja, hari tua, atau pensiun”.

Pihaknya sangat berterimakasih dan mengapresiasi yang tinggi kepada jajaran Kantor Desa dan Pemerintah Kabupaten Lombok tengah yang telah peduli kepada hak tenaga kerjanya lewat program jaminan sosial ketenagakerjaan.

“Apa yang dilakukan ini adalah hal yang sungguh luar biasa dan mulia, karena mendaftarkan seluruh pegawai honorer perangkat desanya program BPJS Ketenagakerjaan. Sehingga kini terbukti manfaat tersebut dirasakan dengan baik dan layak oleh tidak hanya si pekerja tapi juga ahli waris atau keluarga,” katanya
.

Kepala Kantor Cabang Perintis Lombok Tengah, Ihsan, menambahkan santunan yang sudah diberikan adalah manfaat dari program jaminan kematian dan juga jaminan hari tua.

“Besaran manfaat yang diterima berbanding lurus dengan besaran upah yang dilaporkan kepada kami dan tergantung lama masa kepesertaaanya,” ujarnya.

Ihsan
berharap setiap sektor sektor pemerintahan mulai dari RT ,dusun, desa, kota dan seterusnya serta seluruh sektor pemerintahan daerah Kabupaten Lombok Tengah untuk tidak ragu mendaftarkan para pekerjanya untuk terlindungi jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan.

“Juga tentunya kami berharap senantiasa didukung dari lembaga dan pejabat terkait yang ujungnya adalah selalu satu yaitu untuk kesejahteraan masyarakat NTB,” tutupnya. (din)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here