BRI Mataram Menyalurkan Bantuan Kemensos Senilai Rp10,49 miliar

0
228

Mataram (NTBOne) – PT Bank Rakyat Indonesia Persero (BRI) Cabang Mataram sudah menyalurkan bantuan dari Kementerian Sosial senilai Rp10,49 miliar untuk masyarakat terdampak COVID-19 di Nusa Tenggara Barat.

“Kami sudah menyalurkan bansos tersebut kepada sebanyak 17.486 penerima manfaat yang memiliki rekening BRI. Semuanya tuntas pada 28 April 2020. Masing-masing memperoleh bantuan sebesar Rp600 ribu,” kata Pimpinan BRI Cabang Mataram, Dwi Hendro Susatyo, di Mataram, Selasa.

Ia mengatakan informasi adanya pemilik buku rekening BRI memperoleh dana Rp600 ribu sempat viral di media sosial. Namun tidak semua nasabah memperoleh bantuan dari pemerintah pusat tersebut.

“Mengenai siapa saja yang berhak menerima bantuan, itu merupakan kewenangan dinas sosial untuk menjawabnya, kami hanya sebagai penyalur,” ujarnya.

Hendro menyebutkan dana bansos sebesar Rp10,49 miliar tersebut tersebar di Kabupaten Lombok Timur senilai Rp 4,1 miliyar, Lombok Tengah Rp1,7 miliar, Sumbawa Rp1,09 miliar, dan Lombok Barat Rp1,02 miliiar.

Sementara Kabupaten Bima senilai Rp700 juta, Kota Mataram Rp670 juta, Kota Bima Rp478 juta, Kabupaten Dompu Rp320 juta, dan Sumbawa Barat serta Lombok Utara masing-masing sebesar Rp266 juta dan Rp134 juta.

Ia menjelaskan mekanisme penyaluran tidak berbelit-belit seperti bantuan sosial lainnya.

Setelah bansos ditranfer oleh pemerintah pusat, managemen BRI tinggal mentranfser kepada masyarakat penerima yang sudah memiliki rekening dan menjadi nasabah BRI. Untuk itu, tidak sedikit dari masyarakat yang tidak tahu menjadi penerima bantuan tersebut.

“Kecuali mereka yang menggunakan sms banking ya mereka bisa langsung melihat via notifikasi sms, tapi bagi masyarakat yang tidak menggunakan notifikasi itu ya harus cek menggunakan buku tabungan. tapi memang banyak yang tidak tau soal bantuan ini,” ucap Hendro.

Ia juga menegaskan pihaknya tidak mengetahui secara pasti berapa bulan masyarakat akan memperoleh bantuan sosial tunai dari pemerintah selama pandemi COVID-19.

Untuk itu, Hendro berharap agar masyarakat dapat memanfaatkan bantuan dengan baik sehingga bisa mengurangi beban selama wabah virus corona belum berakhir.

“Kami berharap masyarakat penerima bisa menggunakan uang itu dengan baik, efektif dan efisien. Apalagi di tengah wabah seperti saat ini,” katanya. (Din)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here