Gelar operasi keselamatan, Polres Lobar utamakan teguran

NTBOne – Satlantas Polres Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, mulai mengelar Operasi Keselamatan Gatarin 2019, pada Senin (29/4). Operasi tersebut digelar pasca pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) yang digelar beberapa waktu lalu.

Berbeda dengan operasi lalu lintas sebelumnya. Pada Operasi yang digelar selama 14 hari kedepan tersebut, Polres Lobar lebih mengedepankan tindakan peneguran kepada para pelanggar. Baik untuk pengendara bermotor roda dua maupun roda empat dan sebagainya.

“Tetapi tetap ada 7 pelangaran yang prioritas ditindak seperti tahun lalu, seperti melawan arus, berkendara daam keadaan mabuk, pengendara dibawah umur,” kata Kasat Lantas Polres Lobar, Iptu L Panca Warsa, disela operasi yang berlangsung di depan Makopolres Lobar, Senin (29/4).

Ia menjelaskan, 80 persen penindakan berupa pembinaan berupa surat teguran. Sedangkan untuk 20 persen berupa pendindakan penilangan. Itupun bagi pelanggaran yang bisa mengakibatkan fatalitas lakalantas. Baik berupa kendaraan pengangkut barang yang digunakan untuk mengangkut orang.

Pengendara roda dua yang melakukan gonceng tiga, hingga pengunaan roda yang tidak sesuai standard yang ditentukan.

“Kalau yang begitu baru kita tilang, karena bisa menimbulkan laka lantas,” sambungnya.

Tidak dipungkiri dari tahun ketahun angka lakalantas mengalami penurunan. Namun untuk penindakan sendiri pihaknya mengalami peningkatan.

Sementara itu, Kapolres Lobar, AKBP Heri Wahyudi berpesan untuk operasi keselamatan Gatarin 2019 ini untuk memprioritaskan Dikmas Lantas. Demi meweujudkan rasa Simpatik masyarakat kepada pihak kepolisian, khususnya polisi lalu lintas.

“Ini juga untuk mengedukasi masyarakat agar menciptakan situasi Kamseltibcarlantas yag tertib,” pesannya.

Sesuai dengan namanya, pada waktu pelaksanaanya pihak kepolisian menyempatkan memberikan himbauan untuk keselamatan berlalu lintas. Disamping itu terdapat sejumlah brosur terkait cara berkendara yang baik yang diberikan kepada setiap pengendara yang melintas. (Wal)

Leave a Reply