Ini Tips Aman Menyalip Kendaraan Versi Honda

0
207
Cara berkendara aman
Cara berkendara aman

Mataram (NTBOne) – Jumlah kendaraan bermotor di Indonesia pada 2017 mencapai 138.5 juta unit. Data Badan Pusat Statistik menunjukkan, dari angka tersebut yang paling banyak adalah sepeda motor dengan jumlah 113 juta unit dari total kendaraan.

Hal tersebut tak terlepas dari pertumbuhan sepeda motor Honda yang kian meningkat setiap tahunnya.

Semakin meningkatnya pengguna jalan raya mengakibatkan angka kecelakaan juga semakin tinggi.

Sebagai pelopor keselamatan berkendara dengan tagline #Cari_Aman dalam berbagai kesempatan Honda selalu menyosialisasikan cara berkendara yang baik dan benar.

Safety Riding selalu digaungkan bagi masyarakat khususnya warga di NTB. Berikut kami bagikan tips berkendara dengan aman versi Honda : Tips menyalip dengan aman. Pantau kendaraan yang ada di belakang melalui kaca spion. Jika ada kendaraan lain datang dari arah berlawanan, batalkan keinginan anda untuk menyalip.

Sebelum menyalip pastikan lampu sein kendaraan anda menyala, hindari menyalip kendaraan yang sedang menyalakan lampu sein. Usahakan menyalip selalu menggunakan lajur kanan. Hindari menyalip dari sisi sebelah kiri kecuali darurat.

Pastikan performa mesin cukup untuk menyalip. Bagi sepeda motor jenis manual (non matic) gunakan gigi rendah untuk menyalip agar mendapat akselerasi yang lebih cepat. Jangan sekali-kali mencoba untuk menyalip saat medan jalan menanjak atau saat berada di tikungan/belokan.

Tips hindari kecelakaan tabrak belakang. Jaga pandangan ke jalan sehingga cepat bereaksi saat kendaraan di depan mengerem dan ada kendaraan menyalip. Perhatikan kaca spion setiap 6 detik, begitu juga saat mengerem dan berhenti.

Selalu antisipasi keadaan darurat yang mungkin terjadi dan rencanakan jalan keluarnya. Jangan mengerem atau berhenti mendadak sehingga memberikan cukup waktu bagi kendaraan di belakang untuk bereaksi dan pastikan lampu rem motor berfungsi. Memberikan cukup waktu untuk bereaksi untuk mengerem dan cukup jarak untuk berhenti.

Apabila mengalami kendala seperti pecah ban atau mogok ditengah perjalanan anda, Honda Care siap untuk membantu dengan menghubungi nomor 0819-1790-8000. (rilis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here