Jual Merkuri, Warga Lopok Sumbawa Dipenjara

0
535

Lombok Barat (NTBOne) – Unit Tipiter Satuan Reskrim Polres Sumbawa, Polda Nusa Tenggara Barat, telah melakukan penangkapan terhadap seorang laki-laki berinisial A (39663) yang diduga telah memiliki dan memperjualbelikan merkuri (air raksa) untuk proses penambangan emas tanpa izin (PETI).

Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Purnana, di Mataram, Kamis (15/8/2019) mengatakan, terduga pelaku ditangkap di rumahnya di Dusun Kemang Kuning, Desa Lopok, Kecamatan Lopok, Kabupaten Sumbawa, pada Rabu (14/8/2019), sekitar pukul 16.00 Wita.

Pelaku berinisial A, kelahiran Selebung II, diamankan bersama barang bukti berupa 13 botol merkuri dengan masing masing berat 1 kilogram dan emas kurang lebih 3,5 ons.

“Penangkapan terduga pelaku A berdasarkan informasi dari masyarakat bahwa di tempat kejadian perkara sering terjadi transaksi jual beli merkuri,” katanya.

Berdasarkan informasi tersebut, tim langsung melakukan pemeriksaan rumah tempat tinggal terduga pelaku dan akhirnya menemukan barang bukti yang di simpan di lemari pakaian.

Terduga pelaku beserta barang bukti sudah diamankan di Mapolres Sumbawa, untuk proses penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut.

Polda NTB juga berterima kasih kepada masyarakat yang telah memberikan informasi.

Satuan Tugas Penanggulangan PETI di tingkat kabupaten telah proaktif melaksanakan tugasnya.

“Kami komitmen untuk terus mengungkap penyalahgunaan bahan berbahaya ini dalam PETI ini,” pungkas Purnama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here