Kasus caleg diduga politik uang ditangani Gakkumdu Sumbawa

0
183

NTBOne – Ketua Panwaslu Kecamata Tarano, Hermansyah menyebutkan ada empat calon anggota legislatif di daerah pemilihan 3 Sumbawa yang sedang diproses oleh tim Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, terkait dugaan politik uang menjelang pencoblosan Pemilu 17 April 2019 lalu.

Melalui keterangan tertulis yang diterima wartawan, Selasa (30/4), Hermansyah menyebut salah satu caleg yang sudah diserahkan ke tim Gakkumdu ialah inisial MN, calon anggota DPRD Kabupaten Sumbawa. Politik uang oleh MN diduga dilakukan di Desa Labuhan Bontong, Kecamatan Tarano.

“Ada dua laporan tapi terlapornya 20-an orang. Dua kasus tersebut sudah di Gakkumdu,” katanya.

Hermansyah menambahkan MN akan diperiksa pekan depan. Bawaslu juga memastikan akan menghadirkan beberapa saksi untuk mendalami dugaan politik uang yang dilakukan MN.

Bila terbukti melakukan politik uang, yang bersangkutan akan dikenai sanksi administrasi dan pidana. Di samping pidana, juga ada ancaman administrasi. Ancaman administrasi itu berupa pembatalan jika sudah terpilih.

Lebih lanjut, Hermansyah mengatakan nasib caleg yang diduga melakukan politik uang ini bakal diumumkan 14 hari kerja setelah laporan tersebut masuk ke Gakkumdu.

“Tapi mudah-mudahan secepatnya lah supaya tidak terlalu lama dan ada kepastian hukumnya,” pungkasnya. (Wal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here