Kecamatan belum selesai, rekapitulasi di NTB tetap berjalan

0
161

Sumbawa (NTBOne) – Komisi Pemilihan Umum, Nusa Tenggara Barat (KPU -NTB) terus melakukan pemantauan ke kabupaten/kota untuk memastikan proses rekapitulasi berjalan dengan baik.

Ketua KPU NTB Suhardi Soud, ditemui dilokasi rekapitulasi di Jalan Diponegoro Sumbawa, Jumat (3/5/2019), mengatakan bahwa proses rekapitulasi harus terus berjalan.

“Rekapitulasi tetap dilakukan. Walaupun ada Kecamatannya yang belum selesai. Misalnya Mataram. Meskipun ada kecamatan lain yang belum selesai. Karena, tahapan ini harus berjalan. Cepat dan beriringan,” ungkapnya.

Menurut dia, pihaknya tidak perlu menunggu itusemua. Dan untuk memastikan rekapitulasi berjalan. Prinsipnya rekapitulasi sudah dibereskan di tingkat kecamatan, sehingga rekapitulasi di tingkat Kabupaten relatif berjalan lebih baik dan lebih cepat.

“Karena penyelesaian masalah – masalah itu sudah diselesaikan tingkat Kecamatan. Memang kita harus akui di kecamatan relatif agak lama. Mungkin maksimal sampai dengan tanggal 4 mei,” paparnya.

Suhardi menegaskan sebenarnya jatah NTB hanya 5 hari. Akan tetapi karena dinamika yang berkembang saat pleno ditingkat kecamatan, ada hal yang harus diselesaikan. Misalnya ada selisih C1 antar calon atau dengan pasangan calon yang harus dikonfirmasi ke C1 plano.

“Kita itu dipertanyakan oleh Panwaslu dan saksi maka pengecekan surat suara harus dihitung. Bagi kami itu silakan dilakukan. Dengan prinsip hasil pemilu yang berintegritas, kami di NTB terus mendorong agar hasil pemilu ini berintegritas,” jelasnya.

Suhardi berharap agar hasil pemilu legislatif dan presiden menjadi lebih baik.

KPU memastikan rekapitulasi akan selesai di tingkat kabupaten pada 8 Mei. Kemudian pada 9 Mei, rekaputilulasi sudah di mulai di tingkat provinsi,” katanya. (Her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here