Peringati HUT BUMN, Garuda gelar kelas kreatif di Lombok

0
504
Sebanyak 320 pelajar, mahasiswa dan masyarakat NTB mengikuti program Kelas Kreatif BUMN yang digelar oleh maskapai penerbangan nasional PT Garuda Indonesia. (Ist)
Sebanyak 320 pelajar, mahasiswa dan masyarakat NTB mengikuti program Kelas Kreatif BUMN yang digelar oleh maskapai penerbangan nasional PT Garuda Indonesia. (Ist)

Maskapai penerbangan nasional PT Garuda Indonesia menggelar program Kelas Kreatif BUMN di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, sebagai bagian dari acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-21 Kementerian Badan Usaha Milik Negara.

Kegiatan yang dipusatkan di Kota Mataram, Senin (1/4), diikuti ratusan generasi muda dari beberapa sekolah tingkat SMA dan kampus di wilayah Lombok serta penyandang disabilitas binaan dari Dinas Sosial Provinsi NTB.

Dalam kesempatan itu, Direktur Operasi Garuda Indonesia Capt Bambang Adisurya Angkasa,berkesempatan untuk melakukan kegiatan edukasi mengenai wawasan industri penerbangan dan pariwisata.

Hadir juga Managing Director The Mandalika dari PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourist Development Corporation (ITDC), Wayan Karioka, yang memberikan wawasan dan edukasi terhadap masyarakat muda Lombok.

Rangkaian program pengabdian masyarakat bertajuk Kelas Kreatif BUMN di Lombok, terdiri atas beberapa materi edukasi tambahan lainnya seperti “public speaking”, jurnalistik, kewirausahaan, penyuluhan dan pelatihan sadar wisata.

Bambang mengatakan, dukungan Garuda Indonesia dalam program Kelas Inspirasi tersebut merupakan bagian dari komitmen perusahaan yang sejalan dengan fungsinya sebagai agen pembangunan bangsa, khususnya terkait dengan komitmen kesinambungan pembangunan bangsa.

“Hal tersebut juga sejalan dengan visi dan misi Kementerian BUMN yang mengedepankan peran strategis BUMN sebagai pilar pembangunan bangsa,” katanya.

Ia menambahkan dilaksanakannya program Kelas Kreatif BUMN tersebut sekaligus menjadi bagian dari program tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat sekitar, khususnya dengan memberikan edukasi yang komprehensif mengenai peran penting generasi muda dalam komitmen dan spirit “BUMN Hadir Untuk Negeri”.

Dalam program Kelas Inpirasi tersebut, Garuda Indonesia juga turut berbagi perspektif terkait kesiapan seluruh elemen kepariwisataan khususnya generasi muda dalam menyambut Mandalika yang akan menjadi venue gelaran Moto GP.

“Sinergi seluruh sektor kepariwisataan baik dari aspek regulator, akses konektivitas udara dan infrastruktur, serta pandangan masyarakat menjadi kunci penting dalam membangun kepariwisataan Lombok yang berdaya saing,” kata Bambang.

General Manager Garuda Branch Office Lombok, Supriyono, menambahkan program Kelas Kreatif BUMN, merupakan salah satu keikutsertaan Garuda sebagai BUMN dalam ranghka HUT ke-21 BUMN.

Para peserta yang berjumlah sebanyak 320 orang terdiri atas pelajar SMA dan mahasiswa dari beberapa kampus, seperti Universitas Mataram, Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Lombok, dan Politeknik Pariwisata, serta unsur masyarakat dari Dinas Sosial Provinsi NTB.

“Sebanyak 80 persen peserta yang menjadi sasaran adalah kaum milenial supaya mereka lebih terbuka wawasannya tentang dunia pariwisata,” ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut, kata dia, juga dipaparkan mengenai rencana penyelenggaraan MotoGP di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, di Kabupaten Lombok Tengah.

Menurut dia, MotoGP berpotensi mendatangkan wisatawan. Hal itu berbanding lurus dengan dunia penerbangan. Artinya penerbangan mendukung pariwisata.

“Makanya ada pemaparan dari pihak ITDC selaku pengelola dan pengembang KEK Mandalika,” ucap Supriyono.

Dalam rangka peringatan HUT ke-21 BUMN pada 2019, selain turut menggelar program Kelas Kreatif BUMN, Garuda Indonesia juga turut menyukseskan program Kementerian BUMN melalui inisiasi program pemberdayaan masyarakat dan distribusi sembako murah, hingga berbagai promo retail penawaran khusus diskon tiket untuk layanan penerbangan Garuda Indonesia Group. (Ria)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here