Beranda Sumbawa PLN Pasok Listrik Dua Jalur ke RS HL Manambai Abdulkadir

PLN Pasok Listrik Dua Jalur ke RS HL Manambai Abdulkadir

495
0

Sumbawa, ntbone, 12/7/2021 – Tak hanya di Lombok, PT PLN (Persero) juga menjaga keandalan pasokan listrik untuk produksi industri oksigen medis di Kabupaten Sumbawa, NTB, yaitu RS HL Manambai Abdulkadir.

Hal ini dipastikan Manager PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Samawa Rea, Ardhi Tirta Restananda dengan melakukan kunjungan ke RS H.L. Manambai Abdulkadir.

Lalu Ashari Cahyadi, Kepala Bidang Penunjang Keperawatan yang membawahi masalah kelistrikan di RS HL Manambai Abdulkadir, mengatakan tegangan yang masuk ke rumah sakit saat ini sudah bagus.

“Harapan kami, kestabilan tegangan yang saat ini sudah baik dapat terus dipertahankan untuk menjaga alat alat kesehatan tetap dalam kondisi baik,” kata Ashari.

Ashari juga berharap PLN intensif melakukan koordinasi dan komunikasi dengan melakukan pemeriksaan dan pemantauan langsung ke RS HL Manambai Abdulkadir supaya dapat mengetahui apabila terdapat kendala dalam suplai listriknya.

Hal ini tentu saja untuk terus bersama memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat Sumbawa.

Untuk pemakaian tabung oksigen medis bagi pasien Covid-19 di RS HL Manambai Abdulkadir sendiri saat ini rata rata berkisar di 42 tabung berkapasitas 10 liter per harinya. Proses pengisiannya untuk satu tabung membutuhkan 45 menit untuk 30 tabung oksigen medis berkapasitas 10 liter.

Sementara itu, Manager PLN ULP Samawa Rea, Ardhi Tirta Restananda menyampaikan bahwa kontinuitas listrik untuk memproduksi oksigen menjadi hal yang sangat vital.

Untuk itu, Ardhi berkomitmen untuk terus menjaga keandalan listrik di RS HL Manambai Abdulkadir.

“Salah satu upaya untuk menjaga keandalan di RS HL Manambai Abdulkadir adalah listrik dipasok dari dua jalur, yaitu Jalur VIP dan Jalur Serading. Apabila terjadi gangguan pada satu jalur, maka suplai listrik akan dialirkan dari jalur yang lainnya,” ucapnya.

RS HL Manambai Abdulkadir saat ini dilayani dengan daya 345 kVA. Daya ini masih mencukupi untuk kebutuhan Rumah Sakit, terutama di masa pandemi Covid-19.

“Cadangan daya saat ini untuk Sistem Sumbawa sebesar 40 MW. PLN siap apabila RS HL Manambai Abdulkadir memerlukan tambahan daya untuk kebutuhan Rumah Sakitnya,” pungkas Ardhi. (Din)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here