Polda NTB Gelar Pasukan Operasi Ketupat Gatarin

0
410
Wakapolda NTB Brigjen Pol H Tajuddin, mengecek personel yang mengikuti apel gelar pasukan Operasi Ketupat 2019, di lapangan Gajah Mada Polda NTB, Selasa (28/5/2019).
Wakapolda NTB Brigjen Pol H Tajuddin, mengecek personel yang mengikuti apel gelar pasukan Operasi Ketupat 2019, di lapangan Gajah Mada Polda NTB, Selasa (28/5/2019).

Mataram (NTBOne) – Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat melaksanakan apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Ketupat Gatarin 2019 di lapangan Gajah Mada Polda NTB, Selasa (28/5/2019).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) NTB serta melibatkan pasukan dari TNI Angkatan Darat, Angkatan Udara, Angkatan Laut, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Pemadam Kebakaran, Pecalang, Senkom dan Badan SAR Nasional.

Operasi Ketupat Gatarin 2019 akan digelar selama 13 hari, yakni mulai 29 Mei sampai dengan 10 Juni 2019.

Wakapolda NTB Brigjen Pol H Tajuddin, yang memimpin apel menjelaskan Operasi Ketupat Gatarin 2019 memiliki karakteristik yang khas dibandingkan dengan sebelumnya karena tahun ini bertepatan dengan penyelenggaraan tahapan Pemilu 2019.

Sejalan dengan hal tersebut, kerawanan yang diantisipasi secara optimal dalam Operasi Ketupat Gatarin 2019 adalah berbagai gangguan terhadap stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) berupa aksi serangan teror, baik kepada masyarakat maupun kepada personel dan markas Polri.

Selain itu, berbagai kejahatan yang meresahkan masyarakat seperti pencurian, perampokan, penjambretan, begal dan premanisme, aksi intoleransi dan kekerassan seperti aksi sweeping oleh organisasi masyarakat (ormas).

“Gangguan terhadap kelancaran dan keselamatan transportasi darat, laut dan udara, permasalahan terkait stabilitas harga dan ketersediaan bahan pokok dan bencana alam tetap juga menjadi kerawanan yang diantisipasi secara optimal,” katanya.

Secara nasional, Operasi Ketupat Gatarin 2019 melibatkan 160.335 personel gabungan, terdiri atas 93.589 personel Polri, 13131 personel TNI, 18.906 personel kementerian dan dinas terkait serta 16.076 personel Satpol PP, 6.913 personel Pramuka, serta 16076 personel organisasi kemasyarakatan dan kepemudaan.

Khusus Polda NTB menerjunkan 327 personel, polres jajaran Polda NTB sebanyak 1.286 personel dan disiapkan 22 pos pengamanan serta 14 pos pelayanan yang tersebar di wilayah NTB.

Tajuddin mengatakan jika dilihat dari analisis dan evaluasi terhadap penyelenggaraan Operasi Ketupat Gatarin 2018 menunjukan tingkat keberhasilan yang sangat baik dan mendapat epresiasi positif dari publik.

Hal tersebut ditandai dengan tidak adanya aksi serangan teror, dapat ditekannya gangguan kejahatan yang meresahkan masyarakat maupun aksi inteloransi dan kekerasan.

Adapun tujuan yang hendak dicapai dari pelaksanaan apel gelar pasukan yakni, untuk mengecek kesiapan personel, peralatan dan seluruh aspek operasi termasuk sinergitas dan soliditas komponen penyelenggara dan untuk menunjukkan kesiapan penyelenggaraan operasi kepada publik, sehingga akan menumbuhkan ketenangan, rasa aman dan nyaman bagi masyarakat.

Selesai pelaksanaan apel gelar pasukan dilanjutkan dengan penyerahan bantuan sarana dan prasarana lalulintas oleh Jasa Raharja Provinsi NTB kepada Polda NTB, di antaranya traffic cone sebanyak 100 buah, barikade 25 buah, rompi scotlight 110 buah, senter polisi 20 buah dan 1 buah alat test alkohol. (Wal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here