Beranda Headline Riding Gear Wajib untuk Keselamatan Berkendara

Riding Gear Wajib untuk Keselamatan Berkendara

25
0
Contoh penggunaan perlengkapan berkendara yang lengkap untuk keamanan. (Dokumen Astra)
Contoh penggunaan perlengkapan berkendara yang lengkap untuk keamanan. (Dokumen Astra)

Mataram (NTBOne) – Memasuki masa new normal, masyarakat Nusa Tenggara Barat sudah mulai terbiasa menjalani aktivitas seperti sedia kala dengan penerapan protokol kesehatan yang baik dan benar yaitu penerapan 5M, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan membatasi mobilisasi dan interaksi.

Agar tetap aman dan merasa nyaman selama melakukan mobilisasi dengan menggunakan sepeda motor Honda kesayanganmu, Astra Motor NTB membagikan tips #Cari_Aman untuk keselamatan berkendara dengan penerapan riding gear.

Mungkin sebagian orang masih awam dengan sebutan riding gear. Riding gear merupakan perlengkapan berkendara yang wajib digunakan ketika akan berkendara menggunakan sepeda motor. Meliputi helm, jaket, sarung tangan, sepatu dan tentunya masker. Penggunaan riding gear akan membuat kita aman dan nyaman saat berkendara.

Satria Wiman Jaya selaku instruktur safety riding Astra Motor NTB menjelaskan, penggunaan riding gear dapat meminimalisir terjadinya penularan virus covid-19. Namun tetap dianjurkan untuk selalu membersihkan riding gear sesering mungkin agar kuman-kuman yang menempel tidak mengendap.

“Fungsi riding gear untuk mengurangi efek negatif dari dampak benturan atau benda asing saat berkendara. Selain itu perlengkapan riding gear juga membantu mencegah pemaparan virus. Dengan menggunakan riding gear secara lengkap akan membuat kita merasa lebih aman dan nyaman saat berkendara,” jelas Satria.

Helm sangat membantu meminimalisir benturan dibagian kepala. Jadi gunakanlah helm dengan standar SNI. Pemilihan jaket untuk riding juga dapat disesuaikan dengan cuaca saat akan berkendara.

Apabila terik matahari sangat menyengat, pilihlah bahan jaket yang tidak terlalu tebal, tapi tetap memiliki fitur anti angin atau windbreaker dan yang mampu menyerap keringat seperti yang berbahan mesh. Namun bila berkendara dalam cuaca dingin seperti saat pagi dan malam hari, disarankan untuk menggunakan bahan soft polyester dengan lapisan dalam bahan polar yang cukup tebal.

Kemudian lengkapi juga dengan penggunaan sarung tangan dan sepatu. Agar area telapak tangan dan bagian kaki tetap terjaga keamanannya dan mengurangi resiko luka saat kecelakaan. Selain itu sarung tangan dan sepatu juga dapat melindungi tubuh dari paparan terik matahari. Jadi berkendara akan lebih fokus dan aman tanpa khawatir kulit belang.

“Dan tak kalah penting, selalu gunakan masker untuk melindungi diri dari polusi udara selama berkendara. Masker yang baik untuk berkendara yaitu yang terbuat dari material yang nyaman dan lembut,” tutup Satria. (Din)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here