RRI Ramaikan Islamic Center Mataram dengan Lomba Tilawatil Quran

0
403
Direktur Utama LPP RRI, M Rohanudin (kiri), bersama Sekda NTB H Rosyadi Sayuti (kanan), memberikan keterangan kepada wartawan terkait Pekan Tilawatil Quran (PTQ) Nasional ke-50 yang dipusatkan di Islamic Center Hubbul Wathan Kota Mataram, mulai 17-21 Mei 2019. (Foto RRI Mataram)
Direktur Utama LPP RRI, M Rohanudin (kiri), bersama Sekda NTB H Rosyadi Sayuti (kanan), memberikan keterangan kepada wartawan terkait Pekan Tilawatil Quran (PTQ) Nasional ke-50 yang dipusatkan di Islamic Center Hubbul Wathan Kota Mataram, mulai 17-21 Mei 2019. (Foto RRI Mataram)

Mataram (NTBOne) – Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (RRI) menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1440 Hijriah dengan menggelar Pekan Tilawatil Quran (PTQ) Nasional ke-50 yang dipusatkan di Islamic Center Hubbul Wathan, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, mulai 17-21 Mei 2019.

Direktur Utama RRI, M Rohanudin, di Mataram, Jumat (17/5) mengatakan, kegiatan tersebut merupakan wujud peran serta Lembaga Penyiaran Publik RRI untuk berkontribusi dalam syiar agama Islam, terutama di bulan Ramadhan.

“PTQ tingkat nasional tersebut bertujuan sebagai sarana pembinaan mental spiritual bagi umat muslim dalam memahami dan menguji kemampuan pendalaman kitab suci Al Quran sebagai panduan beragama dan implementasinya dalam kehidupan sehari-hari,” katanya.

PTQ Nasional ke-50 yang merupakan tahun emas kegiatan tersebut bertemakan “Aktualisasi nilai-nilai universal dalam Al Quran menuju Indonesia yang maju dan sejahtera”. RRI juga memberikan tagline pada kegiatan tersebut “Baldatun Thayyibatun Wa Robbun Ghafur” (Negeri Subur Makmur Adil Aman).

Adapun bentuk kegiatannya adalah lomba tilawah, lomba tausiah (pidato/ceramah), lomba hafalan Al-Quran. Para peserta yang mengikuti lomba merupakan juara PTQ tingkat provinsi dari seluruh provinsi di Indonesia.

Rohanudin mengatakan Kota Mataram, NTB, dipilih sebagai tuan rumah dalam rangka mendukung upaya pemerintah mempromosikan daerah yang dikenal sebagai “Bumi Seribu Masjid” secara nasional dan internasional.

Oleh sebab itu, PTQ Nasional ke-50 yang dipusatkan di Islamic Center Hubbul Wathan di Kota Mataram, disebut sebagai PTQ dari Mataram untuk Indonesia dan dari Mataram untuk dunia.

Menurut dia, sebagai lembaga penyiaran milik negara, RRI berkewajiban untuk membantu mempromosikan NTB yang dikenal sebagai daerah religius, tetapi juga sudah memiliki prestasi sebagai destinasi wisata halal dunia.

“RRI memiliki 97 stasiun, di mana 35 stasiun tersebar di daerah-daerah perbatasan, seperti Sebatik, Nunukan, Rote dan lainnya. Jumlah pendengar RRI juga jauh lebih banyak dibandingkan radio lainnya,” ucap Rohanudin.

Sementara itu, Sekretaris Daerah NTB, H Rosyadi Sayuti, sangat mengapresiasi komitmen RRI untuk menjadikan daerahnya sebagai tuan rumah PTQ Nasional ke-50. Sebab, kegiatan tersebut mengandung nilai yang luar biasa dan akan dikenang oleh masyarakat NTB.

Kegiatan bertaraf nasional tersebut juga akan semakin memakmurkan Islamic Center Hubbul Wathan, dan membuat syiar Islam pada bulan suci Ramadhan semakin ramai. Sebab, sebelumnya sudah digelar Pesona Khazanah Ramadhan di lokasi yang sama.

“Kedatangan peserta PTQ dari berbagai provinsi di Indonesia tentu akan meramaikan NTB selama Ramadhan. Biasanya di bulan puasa hotel-hotel sepi, apalagi setelah gempa bumi. Tapi dengan adanya PTQ ini menunjukkan bahwa NTB aman dikunjungi,” tutup Rosyadi. (Din)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here