Satgas Karhutla Bima Padamkan Kebakaran Lahan

0
430
Tim Satgas Karhutla berkumpul usai memadamkan kobaran api di lahan hak guna usaha PT Usaha Tani Lestari. (ist)
Tim Satgas Karhutla berkumpul usai memadamkan kobaran api di lahan hak guna usaha PT Usaha Tani Lestari. (ist)

Bima (NTBOne) – Satuan Tugas Kebakaran Hutan dan Lahan (Satgas Karhutla) Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat, berhasil memadamkan kebakaran lahan dan semak belukar di lokasi PT Usaha Tani Lestari (UTL).

Kapolsek Sanggar Iptu Indra Killa, bersama anggotanya dan personel TNI Angkatan Darat dan petugas Konservasi Sumber Daya Alam Bima menuju lokasi kebakaran sekitar pukul 09.00 Wita.

Lahan kosong seluas 200 hektare yang terbakar dipadamkan dengan menyekat kobaran api. Tim gabungan menggali parit-parit menggunakan tenaga manusia dan alat berat agar kobaran api tidak meluas.

“Api sudah padam dan rembetan api tidak menyebar luas. Kawasan yang terbakar bukan hutan, tapi semak belukar dan lahan,” kata Kapolsek Sanggar. Iptu Indra Killa, melalui keterangan tertulisnya.

Ia menduga api berasal dari puntung rokok menyala yang dibuang masyarakat ketika sedang mencari madu hutan, namun dugaan terus masih didalami.

Hasil pemantauan anggota Polsek Sanggar pada Selasa (13/8/2019) pukul 14. 30 Wita, ada beberapa titik api di areal Donggo Tabe Nae yang berhasil dipadamkan oleh anggota kepolisian bersama anggota Tim Resort Piong, Balai Taman Nasional Tambora, dengan penyiraman menggunakan alat Jetsutter. Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 15.30 Wita .
Bhabinkamtibmas dan anggota Polsek Sanggar sampai saat ini terus memberikan imbauan dan pemahaman kepada masyarakat untuk tidak membakar lahan atau membuang puntung rokok sembarangan. (Din)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here