Beranda Dompu Sinergi PLN – BNPT Gelar Pelatihan Kewirausahaan dan Kebangsaan di Dompu

Sinergi PLN – BNPT Gelar Pelatihan Kewirausahaan dan Kebangsaan di Dompu

73
0
Proses pelatihan UMKM di Kabupaten Dompu. (Dok PLN Dompu)
Proses pelatihan UMKM di Kabupaten Dompu. (Dok PLN Dompu)

Dompu (NTBOne) – Kementerian BUMN melalui PT PLN (Persero) bekerja sama dengan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menggelar pelatihan kewirausahaan dan kebangsaan yang diperuntukkan kepada UMKM di Kabupaten Dompu, NTB.

Kegiatan tersebut dilaksanakan mulai 14 – 16 Desember 2020, pukul 08.00 hingga 12.00 Wita setiap harinya, bertempat di Hotel Tursina Dompu.

Dihadiri sebanyak 30 UMKM dari beberapa jenis usaha seperti jenis usaha perbengkelan, makanan, percetakan hingga usaha peternakan.

Adapun tujuan dilaksanakan kegiatan ini sebagai kegiatan corporate social responsibility dan sinergitas antara BUMN dengan BNPT untuk meningkatkan kemampuan berwirausaha dan meningkatkan wawasan kebangsaan pada diri peserta UMKM.

Manager PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Dompu, Zazid Bustomi menyampaikan harapannya agar UMKM dapat memanfaatkan pelatihan sebaik-baiknya.

“Adanya pelatihan ini di Kabupaten Dompu merupakan kesempatan yang jangan disia-siakan dan saya merasa senang kegiatan ini berada di wilayah kerja kami sebagai bentuk komitmen untuk selalu memberikan manfaat kepada lingkungan sekitar” ujarnya pada saat menyampaikan sambutan.

BNPT yang di wakili oleh Kesatuan Bangsa dan Politik, Bapak Asyikin menyampaikan apresiasinya atas terlaksananya kegiatan ini.

“Terima kasih atas sinergisitas dari Kementerian BUMN khususnya PT PLN (Persero) untuk membantu BNPT dalam mencegah pemahaman-pemahaman radikal di Kabupaten Dompu.” kata Asyikin.

Adapun materi-materi pelatihan yang disampaikan, antara lain:

1. Materi Management Kewirausahaan oleh Bapak Imran dari Dinas Koperasi dan UKM Dompu
2. Materi Wawasan Kebangsaan oleh Bapak Asyikin dari Kesbangpol Daerah Dompu
3. Materi Praktik Kewirausahaan pembuatan jus Jagung oleh Ibu Hj. Serim, M. Si dari Dinas Koperasi dan UKM Dompu
4. Materi Bahaya Listrik oleh Bapak Zazid Bustomi dari PT PLN (Persero) ULP Dompu

Selain memberikan pelatihan, PLN melalui program CSR memberikan bantuan berupa alat produksi yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing UMKM peserta pelatihan diantaranya seperti mesin jahit, laptop, gerobak, blender/mixer, lemari pendingin dan sebagainya.

“Saya merasa gembira dan bersyukur dengan adanya pelatihan sekaligus mendapatkan alat bantu usaha dari PT PLN (Persero). Dari pelatihan ini, meningkatkan semangat saya berwirausaha, sungguh kami dibantu sekali dengan ditambah adanya bantuan berupa alat dan uang tunai. Terima kasih PLN” ucap Muhammad Ijul Islamiyah salah satu peserta pelatihan.

Tidak hanya di Dompu, BNPT melanjutkan kegiatan pelatihan kewirausahaan dan kebangsaan ini juga brrsama dengan Pertamina di Kota Bima dan Kabupaten Bima, NTB dengan waktu yang belum ditentukan. (Din)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here