Tips #Cari_Aman : Knalpot Gak dirawat, Bisa Jadi Berkarat

0
27
Knalpot berkarat tak terawat. (ist)
Knalpot berkarat tak terawat. (ist)

Mataram (NTBOne) – Semeton Honda gemar memodifikasi sepeda motor? Beberapa komponen atau sparepart yang sering di modifikasi seperti jok, stang, velg, spion, ban, dan knalpot.

Khusus untuk modifikasi knalpot, jika tak diimbangi dengan perawatan yang baik dan benar, bisa membuat item tersebut menjadi rusak bahkan berkarat.

Yang tengah happening dikalangan komunitas sepeda motor yaitu modifikasi spion dan knalpot. Dijumpai pada komunitas matik, memodifikasi spion sesuai tren saat ini.

Mungkin di Kota-kota besar lainnya sedang bumming hingga tren itupun masuk ke wilayah NTB. Pada knalpot juga sering dijumpai, terutama pada komunitas motor sport. Namun beberapa hal perlu diperhatikan apabila melakukan modifikasi pada bagian knalpot.

Berikut Astra Motor NTB akan membagikan tips seputar perawatan knalpot sederhana yang bisa dilakukan dirumah oleh Semeton Honda NTB.

Customer Care Sub Dept Head Astra Motor NTB, Putu L Januara menjelaskan pada kondisi adaptasi kebiasaan baru seperti saat ini, melakukan modifikasi pada kendaraan bermotor tengah digemari khususnya oleh masyarakat di Kota Mataram.

“Khusus untuk modifikasi pada knalpot. Bagian leher knalpot pada sepeda motor menjadi salah satu bagian paling rawan dihinggapi karat.⁠ Bahkan hal ini terjadi hampir pada setiap jenis sepeda motor.⁠ Penyebab terjadinya karat pada leher knalpot, tepatnya di lekukan pipa yang mengarah ke silinder head bukan hanya dikarenakan faktor sering terkena air, tapi juga akibat perbedaan suhu antar di dalam dan di luar knalpot. Bila dibiarkan, lama-lama bisa membuat terjadinya korosi.⁠ Cara penanganannya pun cukup mudah. Tinggal melepaskan knalpot dari motor,⁠ bersihkan area pipa leher dengan menggunakan amplas kasar dan sikat kawat hingga karat rontok, lalu di cat ulang.⁠ Namun bila tak ingin repot, semeton Honda bisa langsung mengunjungi AHASS terdekat agar pembersihannya lebih maksimal,” jelas Putu Januara.

Di wilayah NTB, jaringan bengkel resmi Honda atau yang dikenal dengan sebutan AHASS (Astra Honda Authorized Service Station) tersebar sebanyak 75 outlet. Jadi Semeton Honda tak perlu khawatir bila membeli sepeda motor Honda, perawatannya sangat mudah ditemukan dimana saja.

Dan layanan purna jual extra dari Honda NTB khusus untuk Semeton Honda, kini dapat menikmati layanan Honda Care. Honda Care merupakan layanan cepat tanggap yang khusus dihadirkan untuk menangani masalah darurat yang terjadi di jalan. Cukup telpon ke nomor hotline Honda Care NTB di 08-777-990-8000, armada Honda Care siap membantu masalah di motor Honda Semeton. (Din)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here