Wakili NTB, Guru SMKN 2 Kuripan Juara Inovasi Tingkat Nasional

0
86
I Made Budiartha guru SMKN 2 Kuripan Lombok Barat.
I Made Budiartha guru SMKN 2 Kuripan Lombok Barat.

Mataram (NTBOne) – PT Astra International kembali menggelar ajang bergengsi tahunan sebagai bentuk kontribusi sosial dalam dunia pendidikan Indonesia. Dengan tema yang bertajuk “Lomba Karya Inovasi Guru SMK Astra Untuk Indonesia Cerdas” Astra Motor NTB bersama SMK binaan yaitu SMKN 2 Kuripan Lombok Barat berhasil menjuarai ajang inovasi guru SMK di tingkat Nasional.

Ajang lomba apresiasi Astra untuk Indonesia Cerdas Tahun 2020 tersebut berhadiah total lebih dari Rp200 juta.

Lomba Inovasi Karya Guru dan Rumah Pintar (LINKAR) telah memasuki gelaran ke-7 pada tahun 2020.

Kategori lomba pada ajang tersebut mencakup pendidikan diantaranya karya inovasi guru SD, karya inovasi guru SMP, karya inovasi guru SMA, karya inovasi guru SMK, karya inovasi guru Sekolah Khusus (TKLB/SDLB/SMPLB/SMALB), Senyum Sahabat PAUD Astra dan Rumah Pintar Astra.

Kepala Wilayah Astra Motor NTB, Budi Yanto, mengatakan Astra turut berkontribusi dalam meningkatkan mutu pendidikan dengan mengadakan beberapa program dan melakukan pelatihan demi meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia, khususnya di wilayah NTB.

“Ajang Astra Cerdas merupakan lomba inovasi guru berupa karya tulis ilmiah yang memuat ide inovasi yang dapat di implementasikan untuk mempermudah proses belajar mengajar dengan dibantu alat peraga, sehingga harapannya dengan adanya alat peraga tersebut siswa akan lebih cepat menangkap pelajaran yang disampaikan karena dapat melihat prosesnya secara langsung,” jelas Budi Yanto.

I Made Budiartha merupakan guru peserta asal SMKN 2 Kuripan Lombok Barat yang berhasil menjuarai kompetisi Astra Cerdas dalam kategori karya inovasi tingkat guru SMK. Ia berhasil mendapatkan peringkat 1 dan mengalahkan ratusan guru peserta dari SMK di seluruh Indonesia.

“Saya tidak menduga yang daftar pada ajang ini hingga mencapai 5.800 peserta dari seluruh Indonesia. Kegiatan seperti ini sangat memotivasi para guru untuk tetap semangat membuat inovasi-inovasi terbaru terkait dengan media atau alat bantu pembelajaran, dengan harapan dapat memudahkan dan mendongkrak semangat siswa dalam proses pembelajaran di sekolah. Mendapat gelar juara 1 kategori SMK merupakan anugerah yg luar biasa untuk kami SMK binaan Astra Honda di NTB. Terimakasih Astra Motor NTB atas bimbingan dan dukungannya selama ini semoga akan tetap berlanjut,” ungkap Budiartha.

Seleksi peserta dan semifinalis Lomba Inovasi Karya Guru dan Rumah Pintar (LINKAR) ke-7 tahun 2020 sejak Maret hingga Juli 2020. Presentasi Final LINKAR yang dilaksanakan pada tanggal 10-15 Agustus 2020 melalui virtual dan AWARDING LINKAR dilaksanakan online bersamaan dengan INNOVATION TALK pada tanggal 27 Agustus 2020 lalu.

“Harapannya melalui program Astra untuk Indonesia Cerdas ini dapat menjadikan tolak ukur bagi guru-guru di seluruh Indonesia untuk semakin mengasah kemampuan serta kreatifitas diri,” tutup Budi Yanto. (Din)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here