Warga Sekaroh Lombok Timur Mendapatkan Bantuan Air bersih dari ACT

0
192

Lombok Timur (NTBOne) – Dampak Kekeringan yang terjadi di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, semakin menyebar, banyak daerah yang mengalami kesulitan mendapatkan air bersih.

Begitu juga yang di rasakan warga dusun Ujung Ketangga, Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur.

Dari pengakuan warga, sudah hampir sebulan mereka kesulitan mendapatkan air bersih. Mereka harus membeli air bersih untuk kebutuhan sehari-hari. Harga pertangkinya (5000 liter) Rp300.000. Jadi warga tiap harinya harus mengeluarkan biaya untuk mendapatkan air bersih.

Memang daerah mereka langganan kemarau tiap tahunnya tapi untuk tahun ini adalah kekeringan terparah menurut pengakuan warga.

Relawan ACT-MRI mulai Senin (22/7), telah mulai mendistribusikan sebanyak 1000 liter air bersih untuk warga Dusun Ujung Katangga, karena lokasi pengambilan sumber air yang jauh jadi hanya bisa memaksimalkan dua rite/hari.

Sigit Pahlevi yang menjadi koordinator tim distribusi air menjelaskan, kendala utama di lapangan adalah medannya yang cukup berat karena jalan yang di lewati masih jalan yang belum beraspal dan medan yang berbukit.

“Selain itu, jarak dari dusun yang satu ke dusun yang lumayan jauh jadi harus bergilir pendistribusiannya agar semua warga semua mendapakan air bersih,” ungkap Sigit.

Kepala Program ACT Cabang NTB, M Romi Saefudin menjelaskan, program distribusi air bersih akan terus dilakukan agar daerah yang terdampak bisa menikmati air bersih.

Selain warga harus mengeluarkan biaya yang besar untuk membeli air juga jarak yang mereka tempuh untuk mengambil air cukup lumayan jauh.

“Ini menjadi perhatian khusus kami dari Aksi Cepat Tenggap. ACT juga akan segera berkolaborasi dengan BPBD dan Dinas Sosial untuk menanggulangi masalah kekeringan tersebut,” ujar Romi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here