Beranda Headline 23 SMK Binaan AHM tersebar di Wilayah NTB

23 SMK Binaan AHM tersebar di Wilayah NTB

29
0

Mataram, ntbone – Astra Honda Motor (AHM) terus menambah jumlah binaan untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang membuka jurusan Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM) yang ada di wilayah Astra Motor NTB.

Hingga Juni 2022, jumlah SMK binaan AHM di wilayah kerja Main Dealer Astra Motor NTB sudah mencapai 23 sekolah.

“Sudah ada 23 SMK menjadi binaan AHM yang tersebar di 10 kabupaten/kota di NTB,” kata Kepala Wilayah Astra Motor NTB Budi Yanto.

Dia mengatakan, AHM membina SMK yang memiliki jurusan TBSM tidak hanya sebatas mendampingi, tapi juga memberikan berbagai peralatan praktek bagi guru dan siswa. Berupa unit sepeda motor Honda sebagai media praktik, juga membantu berbagai perlengkapan bagi sekolah, seperti bengkel, alat, pit termasuk unit praktik.

Selain itu, secara rutin, AHM juga memberikan pelatihan kepada guru TBSM di semua SMK yang kerja sama dengan Astra Honda Motor. Pelatihan secara rutin diberikan, termasuk menghadirkan tim ahli mekanik dari pabrikan AHM. Begitu juga dengan mengundang guru TBSM di setiap SMK untuk mengikuti pelatihan di pabrik Honda.

Astra Motor NTB selaku perwakilan dari AHM di wilayah NTB, juga secara rutin mengundang guru TBSM SMK mengikuti pelatihan di Main Dealer, di setiap ada produk terbaru.

Hal itu untuk menyesuaikan kemampuan atau skill dari guru dan siswa, ketika melakukan praktik lapangan atau berhadapan dengan produk terbaru dari Honda. Sehingga guru dan siswa bisa mengetahui ataupun memahami berbagai fitur dan juga pola jaringan listrik yang ada di setiap produk baru Honda.

SMK yang menjadi binaan atau sudah kerja sama dengan AHM juga diikutkan pada setiap Kontes Keterampilan Siswa SMK tingkat nasional. Sebelum mewakili tingkat nasional, terlebih dahulu dilakukan seleksi tingkat Provinsi yang dilakukan oleh Astra Motor NTB selaku perwakilan AHM di NTB.

Selanjutnya, para juara tersebut dikirim mewakili Kontes Keterampilan AHM tingkat nasional.

Selanjutnya, Astra Motor NTB mencatat sudah ada 23 SMK jurusan TBSM yang bekerja sama dengan AHM tersebar di 10 kabupaten/kota di NTB. Diantaranya, SMKN 1 Kuripan, SMKN 1 Tanjung, SMKN 2 Kuripan, SMKN 2 Praya Tengah, SMKN 2 Sumbawa Besar, SMKN 1 Woja Bima, SMKN 7 Mataram, SMKN 3 Mataram, SMKN 1 Janapria Lombok Tengah, SMKN 1 Taliwang Sumbawa Barat, SMKN 1 Lingsar Lombok Barat.

Selain itu, SMKN 1 Lopok Kabupaten Sumbawa, SMKN 1 Pringgabaya Lombok Timur, SMKN 1 Gunungsari Lombok Barat, SMK Darul Quran Bengkel Lombok Barat, SMKN 1 Batukliang Lombok Tengah, SMK Swasta Darul Falah, SMKN 1 Tarano Sumbawa, SMKN 1 Narmada, SMKN 2 Gerung Lombok Barat, SMKN 1 Gangga Lombok Utara dan SMKN 2 Lingsar Lombok Barat.

“Setiap SMK jurusan TBSM juga disuport 2 hingga 4 unit sepeda motor untuk media praktik siswa dan guru. Termasuk juga bantuan perlengkapan/tools untuk bengkel, seperti alat, pit sama unit praktik,” pungkas Budi Yanto. (Din)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here