Pelabuhan Gilimas Antisipasi Muatan Sapi Menjelang Hari Raya Qurban

0
180

Lombok Barat, ntbone – Pelabuhan Gilimas kedatangan dua kapal KM Mutiara Sentosa III dan KM Mutiara Persada III milik PT ALP yang akan mengangkut truk bermuatan sapi menuju Pelabuhan Tanjung Wangi Banyuwangi.

Hingga berita ini rilis, sebanyak 48 Unit truk telah termuat ke KM Mutiara Sentosa III..30 truk sisanya telah berada di ruang tunggu kendaraan Pelabuhan Gilimas, di Kabupaten Lombok Barat, NTB, menunggu jadwal pemuatan.

“Untuk muatannya bisa sampai 20 ekor sapi per truknya, mungkin untuk tronton yang long sasis bisa mencapai 35 ekor lebih sapi,” kata Kepala Cabang PT ALP Nicko Telezworo.

Pihak PT ALP telah menyiapkan kapal berikutnya, KM Mutiara Persada III untuk mengantisipasi truk-truk pengangkut sapi sisanya yang akan tiba di Pelabuhan Gilimas.

Pihak PT ALP belum mendapat informasi kepastian jumlah truk berikutnya dari asosiasi pemilik sapi.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan atas kondisi sapi selama di RTK hingga pemuatan ke atas kapal, pihak Pelabuhan Gilimas mendorong pihak PT ALP untuk memprioritaskan pemuatan agar sapi-sapi tersebut tidak berlama-lama berada di pelabuhan.

Sebagai antisipasi selama pelayaran sampai tiba di pelabuhan tujuan, pihak PT ALP telah menyiapkan ruang muat kapal yang cukup serta dukungan tenaga pengawas dari para Asosiasi Pedagang Sapi serta Dinas Perhubungan Provinsi NTB.

“Untuk penanganan sapi selama berada di atas kapal, kami tempatkan di deck yang terbuka agar mudah dapat peranginan dan juga stok air tawar kita lebihkan dari yang biasanya 60 ton sekarang bisa sampai dengan 90 ton air,” ungkapnya.

Sejauh ini, kondisi kesiapan dermaga dan ruang tunggu kendaraan di Pelabuhan Gilimas terpantau sangat siap mengantisipasi kapal-kapal yang akan bersandar dan lonjakan kunjungan truk muatan sapi yang sebagian besar berasal dari Bima. (Din)

PT ALP, Pelabuhan Gilimas,

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini