Agar Knalpot Motor Lebih Awet Lakukan Hal Ini

0
210

Mataram, ntbone, 9/3/2022 – Knalpot pada kendaraan bermotor memiliki fungsi sebagai saluran pembuangan akhir hasil pembakaran. Komponen yang satu ini sejatinya tidak memerlukan perawatan yang sulit.

Anda hanya perlu membersihkannya sesekali dan mengecek kondisinya secara berkala untuk memastikan tidak ada retak atau kebocoran. Sebab, ketika sebuah knalpot bocor atau retak akan mempengaruhi performa motor.

Dilansir dari astramotor.com, salah satu efek yang akan ditimbulkan yaitu tarikan gas motor akan berkurang tenaganya dan kinerja mesin pun akan terdengar kasar. Selain itu, knalpot bocor juga dapat memicu borosnya bahan bakar. Nah, jika Anda tidak ingin mengalami kondisi tersebut, maka diperlukan perawatan pada komponen berikut.

Sultan Hartawan selaku Instruktur Technical Service Astra Motor NTB mengatakan, ada beberapa hal yang dapat dilakukan agar knalpot motor Honda kesayangan Anda menjadi lebih awet. Rutinlah melakukan pembersihan pada area tersebut terutama saat kendaraan telah terkena air hujan atau percikan genangna air di jalan.

“Upaya pertama yaitu segeralah bilas bekas air hujan atau percikan air dengan menggunakan air keran/ pam agar knalpot tidak cepat berkarat. Pada bagian leher knalpot juga sebaiknya di olesi dengan oli agar meminimalisir terjadinya karat,” jelas Sultan.

Jangan lupa periksa juga kondisi drainase secara berkala sebab jika air masuk ke knalpot maka dapat menyebabkan mogok secara tiba-tiba. Untuk memastikannya, Anda bisa menggunakan bantuan lidi yang dimasukkan ke dalam knalpot. Jika tidak ada hambatan, artinya drainase berada dalam kondisi baik.

“Setiap komponen pada motor sejatinya harus diperhatikan kondisinya secara berkala agar pengalaman berkendaramu pun terasa lebih nyaman. Lakukanlah perawatan berkala hanya pada bengekel resmi Honda yaitu AHASS yang showroomnya telah tersebar luas baik di perkotaan hingga ke pelosok Desa,” tutup Sultan. (Din)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini