Begini Cara Bang Mayo Merawat Motor Saat Hujan

0
438

Mataram, ntbone, 2/10/2021 – Prediksi musim hujan yang akan melanda kawasan Pulau Lombok dan sekitarnya tentu akan berimpect terhadap mobilitasi masyarakat khususnya pengguna moda transportasi roda dua.

Berbagai hal harus dipersiapkan sejak kini agar aktivitas keseharian tidak terganggu. Selain menyiapkan jas hujan sebagai pelindung diri agar pengendara sepeda motor tidak terkena air hujan, ada beberapa persiapan lain yang harus diketahui agar kondisi sepeda motor tetap melaju dengan prima.

Bang Mayo dari Astra Motor NTB akan berbagi tips cara merawat sepeda motor Honda Anda disaat musim hujan. Yuk disimak, apa aja ya tips dalam merawat motor di musim hujan

1. Panaskan Mesin
Tetap rutin memanaskan motor sebelum motor digunakan, hal ini wajib dilakukan agar motor Hondamu selalu dalam kondisi prima dan oli dari motor akan kembali melumasi mesin setelah motor tidak digunakan.

2. Tekanan Ban
Pengecekan secara rutin pada tekanan ban juga perlu dilakukan secara berkala dan harus dipastikan bahwa tekanan ban cukup agar tidak mudah mengalami penipisan.

3. Periksa Oli
Ketikan motor melewati genangan air ataupun banjir, pastikan sesampainya dirumah Anda harus melakukan pengecekan pada oli ya, dan sebaiknya segera ganti oli agar tidak merusak performa mesin. Selain itu bagian mesin bawah harus segera dibilas menggunakan air pam, untuk mencegah terjadinya karat pada bagian tertentu.

4. Filter Udara dan Knalpot
Pastikan filter udara selalu kering agar motor tetap dalam kondisi prima dan tidak mogok. Jika ada air atau lumpur yang menempel pada bagian dalam atau leher knalpot harus segera dibersihkan.

5. Kanvas Rem
Jika terkena air sebaiknya injak pedal rem agar kanvas cepat kering dan pedal rem tidak keras saat diinjak.

6. Rutin Mencuci Motor
Bila musim hujan terjadi dengan intensitas harian, Anda wajib secara rutin mencuci motor untuk mencegah karat pada bagian tertentu. Apabila tak sempat membawa motor Anda ke tempat pencucian, minimal lakukan pembasuhan pada semua body dan mesin motor.

“Lakukanlah perawatan berkala minimal 3 bulan sekali agar kondisi mesin pada sepeda motor Honda kesayangan Anda tetap prima dan tak mudah rewel. Dengan perawatan yang dilakukan secara rutin, akan membuat umur sepeda motor Honda Anda semakin panjang. AHASS NTB siap melayani dan memanjakan konsumen setia Honda dimana saja dan kapan saja,” tutup Sultan Hartawan atau yang akrab disapa Bang Mayo. (Din)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini