Beranda Headline Bulan K3 Nasional, PLN UIW NTB Sabet Tujuh Penghargaan K3 Award

Bulan K3 Nasional, PLN UIW NTB Sabet Tujuh Penghargaan K3 Award

100
0

Mataram, ntbone – PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Barat (UIW NTB) dan unit pelaksana di bawahnya meraih penghargaan pada ajang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Award 2023 dari Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) pada puncak Bulan K3 Nasional 2023 Provinsi NTB yang diselenggarakan di lokasi Bazar Mandalika Kawasan Pasar Seni Kuta Lombok Tengah, Kamis (9/2).

Dirjen Binwasnaker dan K3 Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Dr Hayyani Rumondang menjelaskan bahwa momentum bulan K3 Nasional yang diperingati setiap 12 Januari – 12 Februari ini menjadi kekuatan untuk mewujudkan K3 yang layak dan menjadi budaya di dalam setiap perusahaan.

“Momentum ini menunjukkan penguatan sinergi dan kolaborasi yang sangat baik, tidak hanya di bidang-bidang ketenagakerjaan namun bidang lain yang ikut serta menyokong pembangunan nasional,” jelasnya.

Hayyani mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang telah terjalin bersama mitra terkait sehingga pelaksanaan peringatan Bulan K3 Nasional tahun 2023 dapat berjalan dengan sangat baik.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi NTB I Gede Putu Aryadi mengatakan perlunya edukasi maupun sosialisasi dan juga membangun kesadaran kolektif tentang pentingnya badan publik menerapkan standar K3 baik di tempat kerja maupun dalam kehidupan sehari-hari.

“Dalam rangka kegiatan Bulan K3 ini, pemerintah NTB telah melaksanakan 22 kegiatan sebagai media untuk melakukan mengedukasi sosialisasi dan juga membangun kesadaran kolektif betapa pentingnya seluruh perusahaan badan publik menerapkan standar kesehatan dan keselamatan kerja,” ujarnya.

Dia juga mengucapkan terima kasih atas dukungan seluruh pihak atas pembangunan ketenagakerjaan terlaksananya kegiatan di bulan K3 tahun ini di provinsi NTB sehingga dapat berjalan dengan baik.

Sementara itu, di tempat terpisah, General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTB Sudjarwo mengatakan seluruh kegiatan yang dilakukan dalam prosesnya memiliki risiko dan risiko inilah yang perlu dieliminasi hingga mencapai nihil sehingga proses produksi dan usaha harus dilakukan mengacu sesuai pada standar K3 untuk mewujudkan zero accident dan mewujudkan perusahaan produktif, pekerja yang sejahtera dan NTB gemilang.

“Tidak ada yang lebih penting dari jiwa manusia. Itu menjadi komitmen kami dalam bekerja. Patuh terhadap SOP dan juga K3 selalu menjadi prioritas,” jelasnya.

Dalam puncak Bulan K3 Nasional 2023, PLN ULPLTMH Tanjung, PLN ULPLTD Ampenan, PLN UPLTD Paokmotong, dan PLN UP3 Bima berhasil meraih penghargaan kecelakaan nihil (Zero Accident Award) untuk periode 01 Januari 2017 s.d. 31 Desember 2021.

Adapun Kantor PLN Unit Induk Wilayah NTB, PLN UPK Lombok, PLN UP3B Mataram, PLN UP3 Mataram, PLN UP3 Sumbawa dan PLN UP3 Bima juga berhasil mendapatkan penghargaan dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi NTB atas komitmen secara terus menerus membudayakan K3 di tempat kerja dengan melakukan pengujian Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang bekerja sama dengan UPTD Balai Pengawasan Ketenagakerjaan dan K3 Pulau Lombok.

Sebagai informasi, K3 Award merupakan penghargaan tahunan yang diadakan oleh Kemenaker. Penghargaan ini memiliki beberapa kategori, seperti Pembina K3 Terbaik, Sistem Manajemen K3 (SMK3), Kecelakaan Nihil, P2 COVID-19 di tempat merja, serta P2 HIV-AIDS di tempat kerja. (Din)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here