Cegah Padam Akibat Gangguan, PLN Pelihara Transmisi 150 kV

0
101

Mataram, ntbone – Sejalan dengan transformasi PLN, PLN Unit Induk Wilayah NTB berkomitmen terhadap program efisiensi di seluruh lini bisnisnya. Salah satunya dengan melakukan pemeliharaan jaringan transmisi PLN yang merupakan kegiatan krusial untuk memastikan keandalan pasokan listrik bagi masyarakat.

Upaya rutin tersebut dilakukan oleh PLN Unit Pelaksana Pengatur dan Penyaluran Beban (UP3B) Mataram pada Senin (13/03).

Manager PLN UP3B Mataram, William Randa Kasoa menjelaskan bahwa kegiatan pemeliharaan tersebut dilakukan untuk mengetahui kondisi peralatan listrik saat ini. Setiap tahunnya, PLN melakukan pemeliharaan jaringan transmisi secara berkala dengan tujuan untuk memastikan bahwa jaringan tersebut beroperasi dengan optimal dan aman.

“Tower-tower PLN kini telah mengelilingi pulau Lombok dan mengalirkan listrik ke pelanggan bertegangan 150 kV dengan kualitas yang andal. Ini yang perlu kita pertahankan agar suplai listrik ke masyarakat tidak terganggu, salah satunya dengan rutin melakukan pemeliharaan transmisi ”, jelas William.

William menambahkan salah satu jenis pekerjaan pemeliharaan yang dilaksanakan adalah pembersihan isolator, salah satu komponen yang berfungsi menghantarkan listrik, yang harus selalu dipastikan kebersihannya. Apabila terjadi pollutan di isolator, dapat menyebabkan gangguan yang tentunya akan berdampak kepada pelanggan.

Pemeliharaan jaringan transmisi PLN dilakukan dengan melibatkan tim yang memiliki keahlian dan pengalaman di bidangnya. Tim ahli tersebut terdiri dari teknisi dan pekerja lapangan yang secara aktif melakukan pengecekan terhadap kabel, tiang, dan peralatan listrik lainnya yang terdapat di jaringan transmisi PLN.

Selama proses pemeliharaan jaringan transmisi, PLN memberikan perhatian yang serius terhadap faktor keamanan. Tidak boleh ada kecelakaan kerja atau Zero Accident. Tim yang terlibat dalam pemeliharaan diharuskan mematuhi standar keselamatan kerja yang telah ditetapkan.

“Kelistrikan tentunya bukan hanya menjadi tanggung jawab kami di sisi PLN saja, tapi terdapat partisipasi masyarakat juga di dalamnya yang sangat kami butuhkan. Contohnya, apabila terdapat pohon yang tumbuh tinggi di dekat kabel SUTT, mohon ijinkan petugas kami untuk melakukan pemangkasan atau penebangan. Hal ini akan mampu menjaga keberlangsungan pasokan listrik dapat disalurkan kepada masyarakat dengan andal,” pungkas William. (Din)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini