Beranda Nasional Dirut PLN Raih Penghargaan CEO Terbaik dari The Iconomics

Dirut PLN Raih Penghargaan CEO Terbaik dari The Iconomics

49
0
Direktur Utama PT PLN (Persero) Zulkifli Zaini. (Dokumen PLN)
Direktur Utama PT PLN (Persero) Zulkifli Zaini. (Dokumen PLN)

Jakarta, ntbone, 24/7/2021 – Direktur Utama PT PLN (Persero) Zulkifli Zaini meraih penghargaan Indonesia Best CEO Award 2021 “Employees’ Choice”. Penghargaan pada kategori “electric power” tersebut diberikan oleh Iconomics Research and Consulting.

Penganugerahaan dilakukan secara virtual dalam gelaran webinar ‘CEO Leadership in New Normal & Virtual Awarding’ pada Jumat, (23/7/2021).

Penghargaan diberikan kepada CEO atau pemimpin organisasi yang menjadi panutan dalam melakukan manuver inovatif, memiliki naluri yang kuat sehingga perannya sangat dibutuhkan untuk menghadapi berbagai skenario yang baru di dalam suatu perusahaan.

Penilaian dilakukan melalui survei terhadap ribuan staf dan karyawan berbagai industri dan kategori pada awal Juni 2020, dengan total responden mendekati 10 ribu orang. Terdapat empat aspek yang jadi parameter penilaian yaitu: Popularity, Competency, Crisis Leadership dan Personality.

“Saya ucapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan. Pencapaian ini tentu saja tak lepas dari kerja keras seluruh insan PLN dalam memenuhi tugas dan tanggung jawab kami untuk menerangi Negeri,” ujar Zukifli.

Dia menambahkan penghargaan tersebut akan menambah semangat PLN untuk terus memberikan terang hingga ke pelosok negeri serta memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Sejak menjabat sebagai orang nomor 1 di PLN pada 23 Desember 2019, Zulkifli telah berhasil melakukan sejumlah gebrakan.

Pada 2020, mantan Dirut Bank Mandiri itu memprakarsai transformasi PLN dengan empat pilar utama yaitu green, lean, innovative dan customer focused untuk menjawab tantangan perubahan yang terjadi.

Pandemi yang melanda dunia termasuk Indonesia, tak menghalangi PLN untuk terus membangun infrastruktur kelistrikan demi meningkatkan keandalan pasokan listrik ke masyarakat.

Zulkifli menerapkan sejumlah strategi sehingga proyek-proyek kelistrikan bisa tetap berjalan dengan baik. Sepanjang 2020, PLN melakukan penambahan infrastruktur ketenagalistrikan, antara lain: pembangkit listrik dengan kapasitas total 3.000 megawatt (MW), jaringan transmisi sepanjang 2.594 kilometer sirkuit (kms).

Selain itu pembangunan gardu induk dengan total kapasitas 8.690 megavolt ampere (MVA), jaringan distribusi sepanjang 26 ribu kms dan gardu distribusi sebesar 2.507 MVA.

Tak hanya itu, jumlah pelanggan PLN juga bertambah 3,3 juta menjadi 79 juta pelanggan sepanjang 2020.

PLN juga melaksanakan mandat dari pemerintah untuk memberikan diskon tarif listrik sebagi upaya program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di masa pandemi COVID-19.

PLN juga meluncurkan kembali aplikasi New PLN Mobile pada akhir Tahun 2020 untuk memudahkan pelanggan dalam mendapatkan pelayanan PLN.

“Semoga Indonesia Best CEO Award 2021 ini menjadi penyemangat bagi para CEO untuk dapat terus berprestasi di tahun-tahun ke depan,” ucap Founder & CEO The Iconomics Bram S. Putro. (Din)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here