Empat Kabupaten di NTB Raih Penghargaan Inovasi Menurunkan Kemiskinan

0
513

Mataram, ntbone, (15/12/2021) – Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat Hj Sitti Rohmi Djalilah, memberikan penghargaan kepada Kabupaten Lombok Utara, Lombok Timur, Bima dan Sumbawa.

Ke empat kabupaten itu dinilai berhasil mengembangkan inovasi dan pendekatan-pendekatan baru untuk mengatasi kemiskinan dan ketidaksetaraan melalui perencanaan dan penganggaran yang inklusif, peningkatan penyediaan layanan, dan melalui inisiatif pengembangan ekonomi lokal.

Beberapa inovasi tersebut adalah Dana Insentif Desa (DINDA) di Kabupaten Bima yang menyediakan dana tambahan untuk desa-desa yang mengalokasikan anggaran dan melaksanakan layanan dasar, Layanan Adminduk Berbasis Kewenangan Desa (LABKD) di Kabupaten Sumbawa, yang memobilisasi fasilitator desa untuk membantu warga, terutama lansia dan penyandang disabilitas, untuk mendapatkan dokumen kependudukan secara gratis dan tanpa harus pergi ke pusat pemerintahan.

Selain itu, Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD-HI) di Kabupaten Sumbawa yang menyediakan pendidikan anak usia dini secara holistik dan terpadu, Sistem informasi Desa (SID) di Kabupaten Lombok Timur yang membantu pemerintah desa dalam merencanakan dan menargetkan pelayanan dasar, dan Keperantaraan Pasar di Lombok Utara yang mendukung usaha mikro untuk berpartisipasi dalam industri pariwisata.

Inovasi-inovasi tersebut merupakan hasil kolaborasi antara Pemerintah Provinsi NTB, Pemerintah Kabupaten Lombok Utara, Lombok Timur, Bima dan Sumbawa, bersama program Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan untuk Kesejahteraan (KOMPAK), yang berawal di tahun 2016.

KOMPAK adalah sebuah program kemitraan pembangunan Pemerintah Indonesia dan Australia yang mendukung upaya Pemerintah Indonesia dalam menanggulangi kemiskinan dan mengatasi kesenjangan. Pemerintah Provinsi NTB, pemerintah ke empat kabupaten bersama dengan KOMPAK, mengembangkan ide dan pendekatan yang disesuaikan dengan kebutuhan provinsi dan kabupaten-kabupaten tersebut. Empat kabupaten dampingan KOMPAK tersebut telah berhasil mengujicoba model-model ini.

“Penanggulangan kemiskinan di NTB termasuk progresif. Visi kita adalah NTB Gemilang. Mudah-mudahan praktik-praktik baik yang sudah dihasilkan bersama KOMPAK bisa direplikasi sehingga efek hadirnya KOMPAK di NTB bisa kita rasakan seterusnya,” ujar Wakil Gubernur yang akrab disapa Umi Rohmi.

“Kemarin, saya mengunjungi beberapa wilayan di Lombok Utara yang terkena dampak gempa bumi pada tahun 2018. Saya senang menyaksikan bahwa beberapa bantuan yang diberikan oleh Pemerintah Australia, bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Kabupaten Lombok Utara, telah diberikan kepada masyarakat dengan cepat, termasuk bantuan untuk pencatatan sipil dan statistik hayati yang sangat dibutuhkan segera setelah gempa bumi,” kata Minister-Counsellor, Governance and Human Development, Australian Embassy, Kirsten Bishop.

Minister-Counsellor Bishop juga merefleksikan kemitraan Australia dengan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat melalui program KOMPAK. “Kerjasama kita telah membantu menanggulangi kemiskinan dan mengatasi kesenjangan dengan meningkatkan penyediaan layanan kepada masyarakat dan memfasilitasi pengembangan ekonomi lokal.”

Penghargaan ini diberikan dalam Forum Inspirasi Nusa Tenggara Barat, sebuah acara yang digagas oleh Pemprov NTB bersama KOMPAK untuk mempromosikan dan membagikan manfaat dan praktik baik inovasi-inovasi di Provinsi NTB. Forum Inspirasi NTB ini mengusung tema “Sinergi Multipihak dalam Penurunan Kemiskinan Mewujudkan NTB Gemilang”.

Forum Inspirasi ini diharapkan menginspirasi kabupaten/kota lainnya di NTB agar mereplikasi inovasi-inovasi tersebut untuk mengatasi tantangan atau persoalan serupa.

Selain Wagub NTB, acara ini juga dihadiri oleh Deputi Bidang Kependudukan dan Ketenagakerjaan BAPPENAS, Minister-Counsellor for Governance and Human Development dari Kedutaan Australia, Dirjen Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan, Dirjen Pembangunan Desa Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi, Direktur Penanggulangan Kemiskinan dan Pemberdayaan Masyarakat BAPPENAS sekaligus Ketua Tim Teknis KOMPAK, Direktur Pembangunan Daerah BAPPENAS, Direktur Dana Transfer Umum Kementerian Keuangan, dan Bupati Lombok Utara, Lombok Timur, Bima dan Wakil Bupati Sumbawa.

Acara ini dihadiri oleh staf dinas pemerintah provinsi secara tatap muka dan bupati di NTB, perwakilan OPD kabupaten/kota, perwakilan camat, dan kepala desa/kelurahan yang hadir secara virtual. Pameran virtual Forum Inspirasi NTB dapat diakses di https://inspirasintb.kompak.or.id hingga 23 Desember 2021. (Din)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini