Beranda Otomotif Festival Vokasi Satu Hati Seleksi Bibit Unggul SMK

Festival Vokasi Satu Hati Seleksi Bibit Unggul SMK

117
0

Mataram, ntbone – Astra Motor NTB selaku Main Dealer Sepeda Motor Honda di wilayah NTB bersama dengan PT. Astra Honda Motor (AHM) menggelar Festival Vokasi Satu HATI 2023 bagi tenaga pengajar dan siswa SMK Teknik Bisnis dan Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda.

Kegiatan seleksi di wilayah NTB diikuti 14 SMK TBSM di bawah binaan Astra Motor NTB. Kontes dilaksanakan pada Selasa 18 April 2023 bertempat di Gedung Main Dealer Training Center (MDTC). Dari hasil seleksi tersebut dipilih 3 orang guru dan 3 orang siswa perwakilan terbaik yang akan berkompetisi di tingkat selanjutnya.

Festival Vokasi Satu Hati 2023 telah dimulai sejak Januari 2023. Seleksi dilakukan secara bertahap dari tingkat sekolah, regional hingga nantinya di tingakt nasional. Bekerja sama dengan seluruh Main Dealer Honda di seluruh Indonesia, kegiatan ini akan memilih 27 siswa dan 40 guru terbaik untuk mengikuti seleksi tingkat nasional pada Mei 2023.

Technical Service Manager Astra Motor NTB Dicky Maulana Akbar mengatakan bahwa Technical Skill Contest for Vocational High School bertujuan untuk meningkatkan kompetisi serta keahlian guru dan siswa TBSM Astra Honda agar dapat update terhadap perkembangan teknologi sepeda motor Honda yang setiap saat terus berkembang pesat.

“Program ini hadir sebagai bentuk komitmen AHM dalam berkontribusi pada dunia pendidikan vokasi untuk menghadirkan sumber daya manusia unggul di industri kendaraan bermotor roda dua. Para siswa minimal kelas XI dan tenaga pengajar yang telah mengikuti pelatihan modul dasar teknik dan bisnis sepeda motor dapat mengikuti kegiatan ini dengan mendaftar di sekolah masing-masing melalui berbagai tahapan seleksi,” jelas Dicky.

Pemenang kontes Festival Vokasi Satu HATI 2023 ini selanjutnya akan mewakili Main Dealer Astra Motor NTB di tingkat nasional yang akan diselenggarakan di Jakarta pada 24-28 Juni 2023.

Saat ini, Astra Motor NTB telah memiliki 14 jaringan SMK Binaan yang tersebar di wilayah Pulau Lombok dan Sumbawa diantaranya SMKN 3 Mataram, SMK Darul Quar’an Bengkel, SMKN 2 Kuripan, SMKN 2 Lingsar, SMKN 2 Gerung, SMKN 1 Gunungsari, SMKN 2 Praya Tengah, SMKN 1 Janapria, SMKN 1 Pringgabaya, SMKN 1 Gangga, SMKN 1 Woja, SMKN 1 Taliwang, SMKN 2 Kota Bima, dan SMKN 2 Sumbawa Besar.

Para peserta akan unjuk keahlian dalam perawatan dan perbaikan sepeda motor Honda dengan bahan uji materi sesuai kurikulum yang diterapkan. Pada kategori guru, berbagai tantangan akan dihadapi mulai dari sisi teknis penyampaian materi hingga pengetahuan teknik sepeda motor. Pengujian dilakukan secara praktik dan tertulis.

Sementara itu, para siswa ditantang menunjukkan keahliannya dalam praktik perbaikan sepeda motor. Selain gelaran adu pengetahuan, pada Festival Vokasi Satu Hati 2023 ajang ini juga akan dilaksanakan Nasional Assessment for SMK.

AHM bersama Main Dealer akan mengalibrasi kesiapan pengembangan pendidikan vokasi dari sisi fasilitas, kegiatan implementasi kurikulum, hingga kesiapan tenaga ajar di SMK mitra binaan.

Adapun keenam juara yang diperoleh dari Tehnical Skill Contest For Vocational School di tingkat regional NTB yaitu para pemenang :

Juara Kontes Guru :
1. SMKN 2 Kota Bima : Herman Susilawan, S.T
2. SMKN 1 Gangga : Salehudin Al Ayubi, S.Pd
3. SMKN 2 Lingsar : Nirwan Hamid, S.T
Juara Kontes Siswa :
1. SMKN 2 Sumbawa Besar : I Ketut Bagus Wibawa
2. SMKN 2 Kota Bima : M. Khaerul Sallam
3. SMKN 2 Lingsar : Rizikiko Rama Febrianto

“Dengan semangat Sinergi Bagi Negeri, kami terus berkomitmen untuk menghasilkan generasi unggul di bidang vokasi dengan terus berupaya mendorong hadirnya pendidikan berkualitas untuk tenaga pengajar yang kompeten dengan dukungan sarana fasilitas sekolah yang baik. Program monitoring dan kalibrasi juga kita lakukan secara rutin agar dapat menjaga kualitas ajar di sekolah SMK mitra binaan,” pungkas Dicky. (Din)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here