Beranda Otomotif Hadapi Pancaroba, Ini Tips Berkendara Aman Saat Musim Hujan

Hadapi Pancaroba, Ini Tips Berkendara Aman Saat Musim Hujan

65
0
.
.

Mataram, ntbone – Musim hujan kembali datang di wilayah Nusa Tenggara Barat pada awal Juli 2023 ini. Bahkan cuaca ekstrem hujan disertai angin dialami wilayah NTB berpotensi menyebabkan terjadinya kecelakaan di jalan raya, jika pengendara sepeda motor khususnya tidak melakukan persiapan yang baik ketika berkendara di musim hujan seperti sekarang ini.

Astra Motor NTB selaku dealer penjualan sepeda motor merk Honda di wilayah Nusa Tenggara Barat memberikan sejumlah tips berkendara dengan aman dan nyaman di saat musim hujan seperti sekarang ini.

Instruktur Safety Riding Astra Motor NTB Satria Wiman Jaya mengatakan, pengendara sepeda motor perlu melakukan persiapan yang matang ketika akan berkendara perjalan dekat ataupun jauh disaat musim hujan seperti sekarang ini.

Mulai dari mempersiapkan kondisi badan /tubuh yang fit, tidak meminum obat yang menyebabkan kantuk sebelum berkendara dan tentunya juga memastikan kondisi mesin kendaraan sepeda motor yang akan digunakan.

“Disaat musim hujan, pasti perlunya adaptasi dengan cuaca agar kondisi tubuh tetap fit. Yang tak kalah penting juga adalah perlu ditunjang dengan kesiapan yang baik sebelum berkendara, termasuk kondisi kendaraan yang akan digunakan,” kata Satria Wiman Jaya, Minggu (9/7).

Satria memaparkan sejumlah tips aman dan nyaman berkendara saat musim hujan. Mulai dari, cek prakiraan cuaca sebelum riding di sekitar rute yang akan dilewati, siapkan riding gear, jas hujan dan cover shoes, pakai ban yang layak pakai. Karena ban akan berpengaruh saat melakukan pengereman dan pastikan juga tekanan ban jangan terlalu kempes atau terlalu kencang.

Selanjutnya cek kondisi rem sepeda motor, apakah kampas rem harus di ganti dan minyak rem perlu ditambah, gunakan Helm dengan visor clear, agar memudahkan memperoleh informasi, pastikan lampu berfungsi dengan normal (sein, stop, utama), karena menjadi alat komunikasi saat di jalan, tingkatkan prediksi bahaya saat di jalan dan berkendara dengan #Cari_Aman, dengan menjaga kecepatan dan jarak aman dengan pengendara yang lain.

Untuk penggunaan jas hujan, Satria menyarankan kepada pengguna roda dua untuk memakai jas hujan celana dan baju, bukan jas selimut/ kelelawar. Begitu juga dengan menggunakan jas hujan yang berwarna cerah, agar pengguna sepeda motor yang lainnya bisa melihat dan teridentifikasi.

“Kalau memungkin, ketika hujan lebat dan angin kencang sebaiknya pengendara menepi. Karena potensi bahaya di jalan itu lebih tinggi, disebabkan penglihatan kurang jelas, jalanan licin, pohon tumbang, longsor dan lain lainnya,” pungkas Satria. (Din)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here