Beranda Otomotif Hindari Lelah Saat Berkendara, Ini Tipsnya

Hindari Lelah Saat Berkendara, Ini Tipsnya

54
0
--
--

Mataram, ntbnone, 4/1/2022 – Banyak yang beranggapan bahwa berkendara menggunakan sepeda motor jauh lebih menguras tenaga dibandingkan dengan menggunakan kendaraan lainnya seperti mobil.

Hal tersebut memanglah benar, terlebih dalam kondisi cuaca yang tidak mendukung apalagi dengan membawa barang yang banyak saat berkendara. Namun, ada banyak cara yang bisa dilakukan agar pengendara sepeda motor tetap nyaman dalam berkendara.

Manager Marketing Astra Motor NTB Kresna Murti Dewanto menjelaskan, berkendara dengan menggunakan sepeda motor tentunya akan menjadikan kita lebih berkonsentrasi sebab berkendara dengan posisi tubuh yang cukup ideal karena kita sebagai pengendara akan dibawa tegak dan terus menyeimbangkan posisi tubuh dengan kendaraan.

“Agar Anda terhindar dari kelelahan yang berat saat berkendara apalagi dengan jarak jauh, sebisa mungkin persiapkan diri sebelumnya seperti istirahat yang cukup agar kondisi badan tetap fit saat berkendara. Dan jangan lupa pakailah riding gear yang lengkap agar perjalanan Anda tetap aman dan nyaman,” ucap Kresna Murti.

Astra Motor NTB yang gencar mensosialisasikan keselamatan berkendara dan berbagi tips seputar berkendara yang baik dan benar juga akan membagikan tips untuk konsumen setia sepeda motor Honda agar di sepanjang perjalanan Anda tetap safety.

Ada beberapa posisi tubuh yang benar dalam mengendarai sepeda motor agar Anda tidak cepat merasa kelelahan saat berkendara. Simak selengkapnya di bawah ini :

1. Tubuh Tegak dan Rileks
Posisi tubuh yang tegak dan rikeks sangat dibutuhkan dalam berkendara sepeda motor. Hal ini dikarenakan dengan menerapkan posisi ini maka Anda tidak akan mudah lelah dalam berkendara.

Untuk mengetahui perbedaannya, cobalah untuk berkendara dalam posisi membungkuk. Bagaimana rasanya? Tentu Anda akan merasa mudah lelah. Oleh karena itu, posisi tegak ini adalah posisi yang ideal saat berkendara dan bisa mengurangi rasa lelah.

2. Lengan Tidak Terlalu Lurus
Perhatikan posisi lengan saat Anda berkendara menggunakan sepeda motor. Saat Anda memegang stang, tentu posisi tidak selalu dalam keadaan lurus, kecuali saat Anda ingin melakukan sedikit peregangan. Pastikan posisi lengan Anda saat memegang stang motor harus ada jarak dengan siku, sehingga lengan masih ada tekukan.

Jika posisi tangan terlalu lurus dan tidak ada tekukan pada siku, maka Anda akan mudah merasa lelah, terlebih saat Anda akan melakukan pengereman. Tapi, jika posisi tangan tidak terlalu lurus, hal tersebut akan membuat Anda merasa lebih nyaman dalam berkendara serta memudahkan dalam mengoperasikan kendaraan sepeda motor dengan mudah.

3. Lutut Rapat Kedepan
Posisi yang satu ini sangatlah penting untuk kenyamanan dan keselamatan dalam berkendara. Posisi lutut yang rapat ke depan dapat berfungsi untuk melindungi tubuh kamu saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu, posisi lutut tersebut juga akan memudahkan Anda menyeimbangkan sepeda motor dengan tubuh.

4. Posisi Pinggul di Atas Jok
Biasanya, pengendara sepeda motor akan melakukan peregangan dengan berdiri sejenak kemudian duduk kembali. Agar Anda tidak mudah merasa lelah saat berkendara, pastikan posisi duduk di jok motor sudah dalam keadaan benar. Hal ini sangat berpengaruh agar pinggul Anda tidak mudah sakit, apalagi saat berkendara jarak jauh.

“Jangan lupa untuk tetap safety dimana pun dan kapanpun saat Anda berkendara menggunakan sepeda motor, keselamatan Anda adalah yang utama,” tutup Kresna Murti. (Din)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here