Beranda Ekbis IGA Honda Untuk Kerupuk Moringgit Daun Kelor

IGA Honda Untuk Kerupuk Moringgit Daun Kelor

68
0

Lombok Barat, ntbone – Untuk menjadi UKM Binaan Astra Motor NTB sangatlah mudah, tidak harus usahanya sudah berjalan belasan tahun, akan tetapi hasil produknya harus memilki kekhasan dan unik tidak seperti produk yang biasa di jual dipasaran.

Pembinaan yang dilakukan Astra Motor adalah melalui program IGA Honda (Income Generate Activity) yang berkelanjutan dalam kurun waktu 1 hingga 2 tahun, tergantung jenis usaha yang dibina.

Melalui bantuan dan pembinaan diharapkan UKM kedepannya mampu secara mandiri mengelola produk-produk mereka sehingga berkembang menjadi lebih besar.

Admin Finance Manajer Astra Motor NTB Ivan Pratama mengatakan bantuan yang diberikan melalui program IGA Honda (Income Generate Activity) disesuaikan dengan kebutuhan UMK binaan dapat berupa modal usaha ataupun bantuan perlengkapan lainnya seperti papan branding usaha, lemari atau etalase untuk memajang produk, packaging/kemasan, hingga edukasi cara memasarkan produk.

“Pembinaan dilakukan dengan memberikan pelatihan dasar kepada UMKM bagaimana cara berbisnis mengelola modal awal hingga meraih keuntungan serta mengajarkan bagaimana cara mengemas produk atau packaging yang menarik sehingga dapat menjadi nilai jual yang lebih tinggi,” jelas Ivan.

Harapannya melalui program IGA Honda, pelaku UMK mampu menjadi usaha unggulan di daerahnya dan menjadi contoh bagi UKM yang lain. Kata Ivan Pratama UMK yang dibina diantaranya pada tahun 2019 Kambing di Desa kekait, tahun 2020 Budidaya Jamur Tiram di Desa segerongan, tahun 2021 Madu Trigona di Desa Bengkaung.

Pada tahun 2023 ini, terdapat 2 UMK binaan yakni Kerupuk Telur Asin di Dasan Cermen dan Kerupuk Daun Kelor di Desa Mekar Sari Sekotong Barat.
Sementara itu, Personnel & General Sup. Supervisor Ni Nyoman Swastini menambahkan Astra Motor memberikan binaan dan bantuan berupa pemasangan neon box, agar lebih terlihat oleh konsumen, dan peralatan, etalase untuk display produk.

Sambung Swastini, bantuan diberikan untuk masyarakat yang membutuhkan dan memiliki usaha tetapi kurang biaya untuk pengembangan, hasil produknya pun yang unik tidak seperti produk pada umumnya, serta usahanya tidak harus sudah berjalan 1sampai 2 tahun.

Astra Honda NTB kali ini Bersama rombongan wartawan cetak dan online mengadakan Gathering dan Touring “Matik Besar Honda” mengunjungi dua UKM binaan ditahun 2023. Kunjungan pertama ke Kerupuk telur Asin Organik Mong Gelemong di dasan Cermen Mataram dan kedua ke Dusun Mekar Sari Desa Batu Putih Kecamatan Sekotong Lombok barat yang memproduksi Kerupuk Moringgit Daun Kelor. (Din)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here