Ini Dia Beberapa Standar Safety Riding yang Wajib di Patuhi

0
173

Mataram, ntbone – Memiliki dan menggunakan sepeda motor untuk melancarkan aktivitas sehari-hari tentunya menjadi suatu keuntungan bagi sebagian orang.

Namun perlu diperhatikan juga dalam menggunakan sepeda motor sebagai alat transportasi wajib menggunakan dan memiliki beberapa kelengkapan ini ya. Agar perjalananmu tetap aman, nyaman dan tanpa rasa khawatir. Apa saja standar kelengkapan tersebut, berikut ulasannya.

1. Wajib memiliki SIM (Surat Ijin Mengemudi). SIM bisa di dapat apabila seseorang sudah dirasa cukup umur yaitu 17 tahun keatas. Namun tak hanya cukup umur ya, kepemilikan SIM juga akan diperoleh apabila seseorang berhasil lolos tes berkendara yang biasanya dilakukan oleh pihak berwajib.

2. Wajib Taat pada Rambu-rambu Lalu Lintas
Motor sudah keren, apalagi ditambah aksesoris pendukung pada motormu, tapi kamu jadi gak keren bila melanggar rambu-rambu lalu lintas ya. Biasakan diri untuk taat pada peraturan lalu lintas seperti tak menerobos lampu merah, tak berkendara secara ugal-ugalan dan berkendara pada kecepatan yang sewajarnya agar tak berdampak buruk bagi kamu dan pengguna jalan lainnya.

3. Selalu Dahulukan Pejalan Kaki
Ingat untuk tak merebut hak pejalan kaki dengan berkendara pada terotoar. Dan berkendaralah pada jalur seharusnya yaitu roda dua di ruas jalan sebelah kiri.

4. Gunakan peralatan berkendara yang SNI
Wajib hukumnya menggunakan pelindung kepala atau helm yang berstandar SNI ya. Agar kepala kamu tetap aman dan meminimalisir benturan pada area kepala. Tak hanya helm, peralatan pendukung lainnya juga wajib digunakan saat berkendara menggunakan motor, diantaranya jaket, celana Panjang, sarung tangan dan masker.

Instruktur Safety Riding Astra Motor NTB Satria Wiman Jaya mengatakan, harap di ingat ya Sahabat Sehati Astra Motor! Motor sudah harus memenuhi standar menurut UU No. 14 tahun 1992 terkait Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, dan yang terpenting tentunya adalah keselamatan para pengendara serta orang-orang di sekitar kita.

“Berkendaralah dengan bijak agar keselamatan Anda dan pengguna jalan lain tetap aman. #Cari_aman dengan menggunakan riding gear yang benar dan sesuai serta control emosi saat tengah berkendara. Perhatikan lingkungan sekitar dan rambu-rambu lalu lintas agar Anda dapat selamat sampai di tujuan,” tutup Satria. (Din)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini