Beranda Otomotif Ini Tips #Cari_Aman Bila Berkendara di Jalan Menanjak

Ini Tips #Cari_Aman Bila Berkendara di Jalan Menanjak

34
0

Mataram, ntbone – Keindahan Pulau Lombok sangat cocok untuk dijadikan wisata adventure dengan menjelajahi perbukitan dan jalan menanjak. Pengendara bisa menikmati laut dari atas jalur sekotong hingga menyusuri wilayah Kuta Mandalika bila melewati jalur selatan.

Namun perlu di perhatikan saat berkendara di jalan menanjak, pengendara harus mendapat perhatian yang lebih khusus karena tidak hanya menuntut peningkatan kewaspadaan, tetapi juga keterampilan untuk mengontrol kendaraan.

Untuk pengendara pemula, jalan menanjak bisa menjadi tantangan tersendiri untuk dapat mengendalikan kendaraan hingga aman melewatinya dan menghindari resiko terjadinya kecelakaan.

Tim Safety Riding Astra Motor NTB akan membagikan beberapa tips #Cari_Aman saat berkendara di jalan tanjakan yang dapat diikuti oleh pengendara baik itu pemula maupun pengendara yang sudah lama berkendara.

Dikatakan oleh Satria Wiman Jaya selaku Instruktur Safety Riding Astra Motor NTB, saat berkendara di jalan tanjakan memerlukan konsentrasi yang lebih tinggi karena medan yang dilalui cukup berbahaya jika tidak diperhatikan dengan baik.

“Wajib untuk memiliki skill dan fokus yang baik untuk mengendalikan kendaraan agar pengendara tetap seimbang saat berada di jalan tanjakan. Siaga dengan melakukan pengereman belakang apabila motor tidak kuat menanjak,” jelas Satria.

Pengendara juga disarankan untuk memprediksi ancang-ancang sebelum tiba di tanjakan. Jangan sampai terlalu lambat di awal dan jangan terlalu cepat pula. Kecepatan yang tepat akan membantu kendaraan untuk bergerak secara mulus dan mengurangi risiko terjadinya kecelakaan.

Tips lainnya untuk menaklukan jalur tanjakan yaitu dapat juga mensiasati dengan posisi berkendara membungkukkan badan sedikit ke depan untuk menstabilkan tubuh. Karena hal ini akan membantu kendaraan bergerak secara lancar dan stabil.

Atau bisa juga dengan mengambil rute sedikit zig zag agar perputaran ban tidak signifikan. Namun harus tetap diwaspadai ya jangan sampai pola zig zag nya sampai melewati batas jalur jalan raya.

“Selain teknik dan konsentrasi hal lain yang juga penting yaitu pengendara memperhatikan penggunaan riding gear yang aman seperti helm, jaket dan sepatu. Harapannya dengan tips #Cari_Aman saat berkendara di jalan menanjak ini, pengendara dapat meningkatkan keterampilan dan keamanan dalam berkendara. Yuk jadikan keselamatan dalam berkendara sebagai prioritas utama agar kita semua dapat terhindar dari resiko kecelakaan,” tutup Satria. (Din)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here