Beranda Headline Jangan di Spelekan, Dampak Lupa Matikan Kunci Elektrik pada Motor

Jangan di Spelekan, Dampak Lupa Matikan Kunci Elektrik pada Motor

48
0

Lombok Timur, ntbone – Kegemaran masyarakat dalam mengendarai motor yang mudah, tinggal gas rem gas rem pastinya akan jatuh pada pilihan motor matic. Motor matic keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan fitur keyless atau kunci elektrik yang canggih dan smart.

Teknologi ini disebut Smart Key System. Pada motor matik produksi Honda kini sebagian besar sudah elektrik. Kelebihannya yaitu menjadi semakin memudahkan dalam penggunaan harian, termasuk menambah keamanan dari tindak pencurian atau sejenisnya.

Namun seiring berkembangnya teknologi yang disematkan pada motor matik, masih banyak dari konsumen yang mengalami kendala dalam menyesuaikan diri untuk pemakaian sehari-hari.

Seperti hal yang dialami oleh Hasanudin konsumen asal Seruni Kecamatan Selong Lombok Timur. Ia konsumen yang baru saja menggunakan sepeda motor Honda Scoopy sejak Januari 2022.

Motor baru Hasanudin tiba-tiba tak bisa menyala saat berusaha dihidupkan. Karena khawatir terjadi kerusakan yang beresiko, akhirnya Hasanudin menghubungi layanan Honda Care untuk penanganan kendala mogok yang terjadi dirumahnya.

Dibantu oleh Dealer SPS Lotim yang merupakan jaringan Honda NTB terdekat dari lokasi kediaman Hasanudin, akhirnya saat mekanik tiba disana dan segera melakukan analisa penyebab motor ini tidak bisa hidup, dan didapati ternyata kondisi aki yang mengalami drop/ soak.

“Aki motor Bapak Hasanudin mengalami drop. Karena kondisinya masih bisa menyala jadi kami tangani dengan memberikan tambah daya pada aki atau seterum aki yang drop,” jelas Linto Dianto mekanik Honda Care SPS Lotim.

Ditambahkan oleh Anton Prihatno selaku Technical Service Manager Astra Motor NTB, Fitur Smart Key System ini membantu konsumen dalam mengoperasikan sepeda motor yaitu answer back system dan anti-theft alarm. Answer back system merupakan fitur untuk menemukan posisi sepeda motor saat terparkir.

Sementara itu, anti-theft alarm (sistem alarm anti-maling) berfungsi supaya mengurangi kemungkinan terjadinya pencurian. Apabila aktif, sensor mendeteksi adanya getaran atau gerakan pada sepeda motor dan seketika buzzer berbunyi serta lampu sein berkedip.

Kalau fungsi immobilizer pada sistem telah diaktifkan ya. Tapi jangan lupa saat parkir kunci harus dalam keadaan off, sebab selain bisa dicuri, ternyata jika kunci kontaknya masih dalam posisi on, aki motor malah jadi tekor atau soak.

“Ketika Anda sedang tidak berkendara, pastikan jarak remote dan sepeda motor berada pada jarak lebih dari 2 meter, agar sensornya secara otomatis terputus. Yang lebih aman lagi, pastikan Anda mematikan remote dengan menekan tombol on menjadi off dengan indikator kedipan lampu berwarna merah,” kata Anton.

Penyematan fitur canggih dalam Honda Smart Key System meningkatkan rasa aman dan nyaman pengguna sepeda motor. Tentu, pengendara perlu mengetahui cara penggunaan serta perawatan yang tepat untuk dapat menggunakannya secara optimal. (Din)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here