Beranda NTB Jelang Akhir Masa Jabatan, Gubernur dan Wagub NTB Kompak Dayung Perahu Bersama...

Jelang Akhir Masa Jabatan, Gubernur dan Wagub NTB Kompak Dayung Perahu Bersama di Gunung Jae

79
0
Gubernur NTB H Zulkieflimansyah (kanan), bersama Wakil Gubernur NTB Hj Sitti Rohmi Djalilah, kompak dalam satu perahu di tengah Danau Gunung Jae. (Dok FWE)
Gubernur NTB H Zulkieflimansyah (kanan), bersama Wakil Gubernur NTB Hj Sitti Rohmi Djalilah, kompak dalam satu perahu di tengah Danau Gunung Jae. (Dok FWE)

Lombok Barat, ntbone – Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah dan Wakil Gubernur NTB Dr. Hj Sitti Rohmi Djalilah atau pasangan Zul-Rohmi kompak menghadiri kegiatan tebar benih ikan yang berlangsung di destinasi wisata Gunung Jae Desa Sedau, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, Sabtu (12/8/2023).

Kegiatan tersebut diinisiasi oleh Forum Wartawan Ekonomi dan Bisnis (FWE) NTB dan didukung penuh oleh Pemerintah Provinsi NTB dan berbagai pihak terkait. Kegiatan tersebut juga diramaikan oleh kehadiran Kwarda Gerakan Pramuka NTB.

Acara didahului dengan kegiatan diskusi atau berbincang dengan masyarakat Desa Sedau pada Jumat (11/8/2023) malam. Kepala desa, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan kelompok sadar wisata (pokdarwis) dalam kesempatan tersebut banyak yang bertanya dan memberikan masukan kepada Gubernur NTB dan jajarannya.

Usai kegiatan diskusi dengan masyarakat yang berlangsung semarak, Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah ikut kemah bersama di destinasi wisata Gunung Jae.

Kegiatan tersebut bagian menjadi bagian dari promosi pariwisata yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi NTB. Sebab Gunung Jae memiliki potensi wisata yang sangat besar untuk terus berkembang.

Pada Sabtu pagi, Gubernur NTB, Wakil Gubernur NTB, pimpinan organisasi perangkat daerah dan mitra terkait melaksanakan kegiatan penebaran benih ikan dan penanaman bibit pohon di kawasan destinasi setempat. Ini bagian dari upaya pelestarian lingkungan dalam rangka pembangunan wisata berkelanjutan.

Gubernur NTB bersama Wakil Gubernur NTB berada dalam satu perahu dan mendayung bersama ke tengah danau untuk menebar benih ikan. Keduanya tampak senyum sumringah dalam balutan kebersamaan yang harmonis.

Gubernur NTB yang akrab disapa Bang Zul itu mengatakan, pihaknya mengapresiasi kegiatan ini. Apalagi jumlah bibit ikan yang ditebar sekitar 500 ribu ekor. Tak hanya di danau Gunung Jae, namun di sejumlah bandungan besar di Pulau Lombok, seperti bendungan Batujai, Pandandure dan lainnya.

“Hari ini kita tebar setengah juta bibit ikan, mudahan satu saat akan bermanfaat bagi masyarakat. Acara ini luar biasa, apalagi banyak stakeholder yang hadir. Kita melihat spot yang bagus dan mudah-mudahan dengan penataan yang lebih baik ini akan menjadi destinasi unggulan kita kedepan,” kata Bang Zul saat melepas ikan.

Wakil Gubernur NTB Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah mengatakan, kegiatan yang dilakukan sekarang ini akan memberikan berbagai efek ekonomi bagi masyarakat.

“Pertama menebar ikan. Potensi perairan kita luar biasa. Ini menunjukkan bahwa banyak tempat-tempat untuk menebar ikan,” kata Umi Rohmi, sapaan Wakil Gubernur.

Selanjutnya, kegiatan tebar bibit ikan ini adalah wujud bagaimana memperhatikan masalah lingkungan. Sehingga bibit ikan yang sudah ditebar harus dijaga dan dipelihara sampai nantinya bisa dinikmati.

“Kemudian kegiatan tanam pohon ini juga merupakan kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat dan tak hanya dinikmati short term saja namun manfaatnya dalam jangka waktu lima atau 10 tahun kedepan, sangat bermanfaat,” katanya.

Menurutnya, ikan adalah sumber protein hewani. Jika dikaitkan dengan upaya menurunkan angka stunting, maka ikan adalah salah satu asupan protein yang sangat bermanfaat untuk menurunkan angka stunting di NTB.

“Oleh karena itu yok kita dorong semua potensi ini. Kita sudah diberikan banyak sekali nitmat oleh Allah SWT, harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Jadi kegiatan ini bagus sekali dalam rangka meningkatkan konsumsi protein hewani,” ucap Umi Rohmi.

Sementara itu, Ketua FWE NTB Ahmad Bulkaini mengapresiasi kehadiran Gubernur NTB, Wakil Gubernur NTB, bersama pimpinan organisasi perangkat daerah dan stakeholder terkait dalam menyukseskan kegiatan tebar ikan dalam rangka HUT ke-78 Republik Indonesia.

Ucapan terimakasih juga diberikan kepada para pihak yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini seperti Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTB, OJK NTB, PT. Bank NTB Syariah, Hiswana Migas, Telkomsel, Bulog NTB, BPR NTB, BCA Group, BRI, Bursa Efek Indonesia, Astra Motor, Alfamart, BTPN Syariah.

Terimakasih juga disampaikan kepada Bank Mandiri, Jamkrida NTB Bersaing, Kanwil Kenenag NTB, PLN Wilayah NTB, PT GNE, PTAM Giri Menang, IWAPI NTB, REI NTB, Pelindo, Ikatan Alumni Perikanan Universitas 45 Mataram.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Pak Suryadi Jaya Purnama, Ibu Hj. Wartiah, Pak Nauvar Farinduan, Pak Lalu Hadrian Irfani, TGH Ibnu Kholil, H Kasdiyono dan Sekda Kota Mataram H Lalu Alwan Basri,” pungkasnya (Din)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here