Beranda Pendidikan Kampanye #Cari_Aman Ajak Masyarakat Taat Berlalu Lintas

Kampanye #Cari_Aman Ajak Masyarakat Taat Berlalu Lintas

84
0

Lombok Barat, ntbone – Untuk memberikan pemahaman terkait dengan keselamatan berkendara dan menurunkan angka fatalitas dari kecelakaan pengendara berusia dewasa, melalui gerakan aksi Sinergi Bagi Negeri, Astra Motor NTB berkolaborasi bersama berbagai instansi dan perusahaan negeri maupun swasta melakukan kampanye #Cari_Aman dalam berkendara.

Terbaru edukasi keselamatan berkendara kembali diberikan untuk 30 orang karyawan dan sales PT Jembatan Baru yang merupakan salah satu perusahaan retail yang berada di wilayah Kota Mataram. (24/08/2023)

Kegiatan ini diberikan berupa teori dan praktik keselamatan berkendara seperti Awareness dalam pengetahuan peraturan berlalu lintas, perlengkapan berkendara, teknik dasar berkendara, dan memprediksi bahaya.

Dikatakan oleh Satria Wiman Jaya selaku Instruktur Safety Riding Astra Motor NTB kegiatan edukasi di mulai dengan pemberian kuis ke semua peserta.

Tujuan dari kuis tersebut untuk mengetahui pemahaman peserta terkait dengan Safety Riding. Apakah pengendara aktif yang setiap hari mengendarai sepeda motor untuk beraktivitas dari rumah ke kantornya betul memahami cara penggunakan sepeda motor yang baik dan benar.

Mungkin pengetahuan yang dimiliki hanya yang bersifat general. Maka dari itu kami hadir untuk memberikan pemahaman mendalam bahwa keselamatan berkendara itu menjadi penting bagi setiap individu.

“Astra Motor NTB ingin menyelamatkan generasi muda sebagai penerus bangsa melalui kebiasaan berkendara yang baik dan benar untuk meminimalisir terjadinya lakalantas yang berdampak fatal. Sesi teori berupa Basic dalam berkendara dengan #Cari_aman, dan setelah pemberian materi di lanjutkan dengan sesi praktik menggunakan Vario 160. Sesi ini sangat diminati oleh seluruh peserta,” ucap Satria.

Instruktur mendemonstrasikan teknik pengereman yang di rekomendasikan, tapi sebelum itu dicontohkan dengan membuat perbandingan yaitu menggunakan rem belakang saja, terlihat bahwa menggunakan ban belakang mengakibatkan ban belakang selip dan motor susah di kendalikan.

Kemudian yang kedua menggunakan rem depan saja, terlihat motor berhenti dengan jarak yang pendek namun memerlukan tenaga ekstra untuk mengendalikan motor karna gaya setrifugal yang besar jika kecepatan tinggi.

“Kami contohkan menggunakan kombinasi rem depan (60-70%) dan belakang (30-40%) terbukti jarak perhentian motor pendek serta motor lebih stabil ketika berhenti,” lanjut kata Satria.

Disamping itu juga satria memberikan pengetahuan kepada karyawan #Cara_Aman untuk terjatuh dan juga #Cara_Aman untuk mendirikan motor ketika jatuh. Untuk mengetahui apakah materi di terima dengan baik oleh peserta, di akhir sesi satria memberikan kuis terkait dengan materi yang sudah di sampaikan dari awal sampai akhir.

Banyak hadiah untuk para peserta seperti apparel honda, berupa Jaket #Cari_aman, Sarung Tangan, hingga Helm berlebel SNI.

Ditambahkan oleh Chrystian David selaku Marketing Manager Astra Motor NTB, memberikan pemahaman berkedara secara aman dan nyaman, #Cari_aman sendiri merupakan kampanye keselamatan berkendara dengan maksud berkendara menggunakan riding gear yang style dan safety.

“Misi kami ingin merubah prespektif masyarakat yang tadinya menggunakan perlengkapan berkendara itu ribet, gerah, dan tidak keren, menjadi sebaliknya. Carilah perlengkapan berkendara yang tidak ribet, tidak gerah dan keren, dan keren disini bukan berarti harus mahal dan branded, yang penting harus standar keamanan dalam berkendara,” tutup David.

#Cari_Aman sendiri merupakan slogan keselamatan berkendara dari Honda yang memberikan pemahaman tentang pengetahuan peraturan lalu lintas, teknik dasar berkendara, hingga memprediksi bahaya ketika berada di jalan serta mengutamakan perlengkapan berkendara diantaranya seperti Helm, Jaket, Sarung tangan, Celana Panjang, dan Sepatu. (Din)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here