Beranda Otomotif Kenali Ragam Rem Canggih pada Motor Honda

Kenali Ragam Rem Canggih pada Motor Honda

27
0

Mataram, ntbone, 4/7/2021 – Dikenal sebagai sepeda motor yang irit, bertenaga dan memiliki beragam teknologi yang canggih, menjadikan sepeda motor merk Honda semakin laku dan tetap menjadi primadona dikalangan masyarakat di seluruh Nusantara.

Dengan terus melakukan inovasi serta pembaharuan pada fitur-fitur yang dimilikinya, brand Honda sudah tertanam dibenak konsumen setianya, kalo mau beli motor ya Honda.

Eksistensi dan apresiasi yang diberikan untuk konsumen loyalnya ditampilkan dengan penyematan beberapa komponen-komponen canggih yang pastinya akan semakin membuat penunggangnya tampil makin keren. Berikut adalah jajaran rem canggih Honda.

1. CBS (sistem rem interlocking roda depan dan belakang)
Sejatinya kita tahu bahwa rem bagian depan dan belakang rem sepeda motor biasa dioperasikan secara individual. Pada teknologi CBS, rem dapat otomatis beroperasi pada kedua roda dengan hanya mengoperasikan satu sisi.

Ada dua tipe Honda CBS. Yang pertama yaitu Rem gabungan ganda. Saat rem depan tuas kanan dioperasikan, gaya pengereman juga didistribusikan ke rem belakang. Tujuannya adalah untuk mendapatkan deselerasi yang stabil dengan menekan sebanyak mungkin perubahan perilaku bodi kendaraan saat melakukan pengereman pada kecepatan tinggi, dan telah dipasang pada model sport besar.

Selanjutnya ada Rem kombinasi. Saat rem belakang tuas kiri diaktifkan, rem depan juga beroperasi. Tujuannya adalah agar berbagai pengendara, dari pemula hingga veteran, mendapatkan tenaga pengereman secara efisien dengan pengoperasian sederhana, seperti saat mengemudi di daerah perkotaan, dan terutama dipasang di sepeda motor kecil dan skuter.

2. ABS (Sistem Pengereman Anti-Lock)
ABS adalah perangkat yang mendeteksi saat terjadi penguncian ban saat pengereman, dengan cepat memulihkan kecepatan putaran ban, dan menjaga kestabilan badan kendaraan. ABS mendeteksi kecepatan putaran ban depan dan belakang dengan sensor yang dipasang di roda depan dan belakang, dan jika ada perbedaan maka menentukan ban yang lebih lambat terkunci.

Honda memiliki jajaran berbagai tipe sesuai dengan jenis kendaraan dan kebutuhan pengendaranya. Pertama yaitu ABS tipe tunggal. Jenis ini hanya bekerja pada roda depan yang kemungkinan besar pengunciannya akan mengakibatkan terjatuh.

Kedua ada ABS tipe ganda. Tipe ini bekerja di roda depan dan belakang untuk meningkatkan stabilitas dari jarak kecepatan tinggi. Dan ABS untuk off-road. Ini adalah sistem yang dapat melepaskan pengoperasian ABS hanya untuk rem belakang dengan sakelar ketika pengendara merasa perlu menggunakan rem depan dan belakang dengan benar dalam situasi seperti mengemudi off-road.

“Dengan disematkannya fitur pengereman yang canggih pada motor Honda, akan menjamin pengendaranya menjadi lebih safety sehingga dapat meminimalisir keadaan yang tidak diinginkan. Harapannya konsumen setia motor Honda dapat semakin nyaman dan aman dalam berkendara,” ucap Kresna Murti Dewanto, Marketing Sub.Dept Head Astra Motor NTB. (Din)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here