Beranda Headline Kepada Kader & Relawan NTB, Ganjar Bicara Pentingnya Edukasi Pemilih Pemula dan...

Kepada Kader & Relawan NTB, Ganjar Bicara Pentingnya Edukasi Pemilih Pemula dan Dengarkan Suara Rakyat

43
0

Lombok, ntbone – Dalam kunjungannya ke Lombok, Capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo menghadiri Konsolidasi Kader dan Relawan Ganjar Pranowo – Mahfud MD Nusa Tenggara Barat (NTB) di Grand Legi Hotel, Kota Mataran, NTB, Minggu (3/12/23) siang.

Memasuki hari keenam masa kampanye, Ganjar Pranowo menyampaikan dua hal; pertama edukasi untuk mendorong peningkatan partisipasi masyarakat pada pemilu serta menjaring aspirasi-aspirasi di tingkat akar rumput.

Pesta demokrasi serentak ini akan dilangsungkan pada 14 Februari 2024. Pada kesempatan itu, masyarakat perlu memilih pasangan Capres–Cawapres, Calon Legislatif (Caleg) anggota DPR RI, DPRD Provinsi, anggota DPRD kabupaten/kota dan anggota DPD RI.

Menurut Ganjar, edukasi terkait teknis pemilu kepada masyarakat, khususnya milenial dan Gen Z penting dilakukan. Sebab, suara mereka mendominasi sebagai pemillih pada pemilu 2024.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2024 sebanyak 204.807.222 pemilih. Dari jumlah itu, sebanyak 66,8 juta pemilih dari generasi milenial.

Selain itu, pemilih dari gen Z juga mendominasi yaitu sebanyak 46,8 juta pemilih. Edukasi ini sebagai upaya untuk mendongkrak partisipasi mereka dalam pesta demokrasi serentak 2024.

“Partai-partai, caleg-caleg tadi kumpul kami berikan dua hal yang pertama jangan lengah pada teknis pemilu karena masyarakat butuh pelatihan untuk bisa mencoblos, ini saya ingatkan pada kawan-kawan karena di beberapa titik mereka ada pemilih pemula dan kemudian besok itu kertasnya cukup banyak, ini saya ingatkan teknis Pemilu,” kata Ganjar Pranowo.

Capres yang diusung PDIP, PPP, Partai Perindo, dan Partai Hanura ini mengingatkan kepada elemen pendukung serta para caleg untuk meningkatkan konsolidasi akar rumput secara humanis menjaring problematika yang dirasakan masyarakat di berbagai daerah.

Ganjar mengajak seluruh relawan untuk bersama majukan Indonesia dari berbagai sektor serta mewujudkan demokrasi yang baik dan anti korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN).

“Yang kedua, ada berkaitan tentang substansi terkait program ada dua hal: satu program visi misi dari capres cawapres Ganjar Mahfud sudah ada, tinggal dijelaskan. Namun demikian seringkali muncul problem-problem lokal yang musti diakomodasi maka saya mintakan kawan-kawan untuk mendengarkan suara rakyat,” tukas dia. (Din)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here