Beranda Lombok Tengah Makin Seru! Segera Hadir Paket Wisata Outbound di Desa Wisata Hijau Bilebante...

Makin Seru! Segera Hadir Paket Wisata Outbound di Desa Wisata Hijau Bilebante Lombok

70
0
Para pengurus Desa Wisata Bilebante, di Kabupaten Lombok Tengah, NTB. (Dok BCA)
Para pengurus Desa Wisata Bilebante, di Kabupaten Lombok Tengah, NTB. (Dok BCA)

Lombok Tengah, ntbone – Desa Wisata Hijau Bilebante, Kabupaten Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), saat ini menjadi daya tarik destinasi baru di mata wisatawan domestik maupun asing. Desa tersebut memiliki keunikan dan keunggulan yang menawarkan para wisatawan untuk kembali ke alam.

Ciri khas tersebut harus dapat terus dikelola melalui berbagai pendekatan, baik melalui eksplorasi tradisi dan kultur setempat, pengembangan
potensi alam yang ada, maupun melalui pemanfaatan teknologi.

Berangkat dari semangat tersebut, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menggelar Train the Trainer “Local Fun Games Outbound” bagi segenap Pengurus Desa Wisata Hijau Bilebante. Hadir dalam pembukaan acara tersebut adalah Kepala KCU BCA Cakranegara Indrawanto Sahama dan Kepala Desa Bilebante
Rakyatulliwauddin.

Harapannya, dengan adanya pelatihan ini, pengurus desa wisata akan memiliki
kapasitas dan kemampuan dalam menyelenggarakan paket wisata outbound, yang merupakan paket wisata baru yang akan segera dibuka di Desa Wisata Hijau Bilebante.

Sebagai informasi, penambahan aktivitas outbound tersebut mempertimbangkan bahwa aktivitas outbound adalah salah satu paket wisata yang paling banyak diminta oleh para pengunjung.

Tidak hanya itu, Desa Bilebante juga memiliki banyak area yang dapat digunakan untuk aktivitas outbound, serta mempunyai pemandu wisata yang didominasi kaum muda dan gesit sebagai pemandu aktivitas outbound potensial.

Namun, para pengurus desa belum mempunyai kompetensi dan pengalaman untuk menyelenggarakan aktivitas outbound. Oleh karena itu, pelatihan Train the Trainer ini menjadi faktor esensial untuk menyukseskan penyelenggaraan paket wisata outbound di Desa Wisata Hijau Bilebante.

“BCA terus berkomitmen mewujudkan visi keberlanjutan dalam setiap aksi nyata perseroan sebagai bagian dari implementasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Salah satunya adalah dengan memberikan dukungan terhadap pengelolaan desa-desa wisata sebagai destinasi pariwisata baru di
Tanah Air. Saya berharap dengan kehadiran paket wisata outbound, akan menambah ragam paket wisata di Desa Wisata Hijau Bilebante, serta mampu menjadi alternatif penambahan pendapatan bagi desa,” ucap Indrawanto Sahama.

Adapun hal yang akan menjadi pembeda antara aktivitas outbound di Desa Wisata Hijau Bilebante dengan di tempat lain adalah pemilihan permainan yang merepresentasikan kesenian dan kebudayaan khas dari Desa Bilebante, sehingga para pengunjung dapat bermain sekaligus mengenal seni dan
budaya lokal setempat.

Hal ini selaras dengan komitmen program Corporate Social Responsibility BCA di bawah payung Bakti BCA yang senantiasa mendukung pelestarian tradisi, seni, budaya, dan nilai-nilai kehidupan yang baik dari bangsa Indonesia.

Rakyatulliwauddin menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya untuk dukungan berkelanjutan BCA terhadap perkembangan Desa Wisata Hijau Bilebante.

“Sejak awal, BCA konsisten memberikan berbagai pelatihan yang relevan dengan kebutuhan komunitas lokal dalam mengelola desa wisata.
Seperti hari ini, saya meyakini bahwa karakter Desa Bilebante termasuk pengurus desa-nya memiliki potensi yang besar untuk menyelenggarakan aktivitas outbound. Dengan adanya pelatihan ini, saya berharap nantinya aktivitas outbound dapat dijalankan dengan menarik dan aman, sehingga dapat
menarik lebih banyak wisatawan ke desa kita tercinta ini,” ucapnya.

Sebelumnya, Desa Wisata Hijau Bilebante telah menawarkan berbagai paket wisata menarik, seperti menyusuri sawah menggunakan sepeda dan ATV, pijatan ala spa Bilebante di pinggir sawah, homestay, hingga cooking class dengan suasana perkebunan di Pasar Pancingan. Tidak hanya itu, dari sisi UMKM
lokalnya, Desa Wisata Hijau Bilebante menawarkan sekitar 17 kuliner produk UMKM yang terdiri dari ayam merangkat, bakso rumput laut, aneka olahan keripik, plecing, dan sebagainya.

Dalam kesempatan terpisah, EVP Corporate Communication & Social Responsibility BCA Hera F. Haryn, menyampaikan bahwa kegiatan Train the Trainer “Local Fun Games Outbound” ini dilakukan dalam rangka memastikan desa-desa wisata yang sudah terekspose terus meningkatkan kapasitas dan
kapabilitas menjadi destinasi yang terus dapat memberikan nilai tambah ekonomi bagi komunitas dan daerah setempat secara berkelanjutan.

“Kami telah menyaksikan langsung dampak dari dukungan yang diberikan perseroan kepada desa wisata di Bilebante. Sama halnya dengan desa-desa binaan Bakti BCA lainnya, dampak langsung dari pendampingan yang kami berikan adalah menjamin pengelolaan desa wisata yang mampu berdaya saing dan sustain. Melalui program ini, BCA juga mendukung program
pemerintah Bangga Berwisata #DiIndonesiaAja,” katanya.

Ke depan, kegiatan Train the Trainer ‚ÄĚLocal Fun Games Outbound ini juga akan dilengkapi dengan proses pendampingan Bakti BCA berupa uji coba pemandu outbound secara langsung di depan pengunjung.

Uji coba ini mencakup refreshment content, try out, hingga evaluasi dan feedback, dalam rangka mengukur dan menyempurnakan kesiapan para pemandu outbound dalam menjalankan tugasnya.

BCA Gelar Train the Trainer Local Fun Games Outbound Bagi Pengurus Desa Wisata Hijau Bilebante

Lebih dari 15 pengurus Desa Wisata Hijau Bilebante mengikuti kegiatan Train the Trainer Local Fun Games Outbound yang digelar PT Bank Central Asia Tbk (BCA).

Pelatihan dan pendampingan ini dilakukan untuk meningkatkan kapasitas pengurus desa sebagai pemandu kegiatan outbound dengan pendekatan local fun games yang akan segera dibuka di desa wisata binaan BCA tersebut. Pelatihan ini diharapkan dapat menyukseskan penambahan aktivitas outbound yang aman dan menarik di Desa Wisata Hijau Bilebante, sehingga mampu menjadi alternatif penambahan pendapatan bagi masyarakat desa. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here