Mengenal Fungsi Smart Key pada Sepeda Motor Honda

0
482

Mataram, ntbone, 11/3/2022 – Seiring berkembangnya teknologi, beberapa sepeda motor Honda saat ini sudah tidak memakai anak kunci atau keyless. Fitur yang memberikan banyak kemudahan bagi para pecinta sepeda motor ini dinamai Honda Smart Key System.

Ada tips khusus untuk merawat dan menggunakannya agar kunci pintar ini awet dan dapat dimanfaatkan lebih optimal untuk mendukung kegiatan berkendara.

Di pasar domestik, sepeda motor pertama yang diproduksi langsung oleh PT Astra Honda Motor (AHM) dengan menggunakan Honda Smart Key System adalah Honda PCX, kemudian diikuti model lain. Kini, berbagai motor Honda yang laris di pasaran sudah mengandalkan Honda Smart Key System sebagai salah satu keunggulannya.

Sultan Hartawan selaku Instruktru Technical Service Astra Motor NTB mengatakan, Smart Key System dapat membantu konsumen untuk mengoperasikan sepeda motor tanpa anak kunci yang dilengkapi dengan fitur canggih, seperti answer back system dan anti thief alarm.

Answer back system merupakan fitur untuk menemukan posisi sepeda motor dan memberitahu bahwa fungsi immobilizer pada sistem Honda Smart Key telah diaktifkan. Sementara itu, fitur anti thief alarm (sistem alarm anti-maling) berfungsi untuk mengurangi kemungkinan terjadinya pencurian.

“Apabila sistem alarm anti-maling telah diaktifkan dan sensor mendeteksi adanya getaran atau gerakan pada sepeda motor, maka buzzer berbunyi dan lampu sein berkedip,” jelas Sultan.

Penyematan fitur canggih dalam Honda Smart Key System akan meningkatkan rasa aman dan nyaman pada pengguna sepeda motor. Pengendara perlu mengetahui cara penggunaan dan perawatan yang tepat untuk dapat menggunakannya secara optimal.

“Smart Key yang berupa tombol ini harus tetap diperhatikan penggunaan dan cara pakainya dengan baik. Jangan lupa untuk selalu mengnonaktifkan tombol on ke off saat Anda telah selesai berkendara. Namun canggihnya fitur ini yaitu dengan jarak radius kurang lebih 5 meter, Sistem on pada motor akan menjadi off secara otomatis. Jadi jangan sampai kunci elektrik ini tertinggal ya,” tutup Sultan. (Din)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini