NTB Mall, Mitra Terbaik UKM NTB yang Kehilangan Dirut Andalannya

0
116
.
.

Mataram, ntbone – NTB Mall, pusat perbelanjaan yang menjual produk UKM Nusa Tenggara Barat, terus menunjukkan kinerja yang mengesankan dalam dua tahun terakhir.

Dengan berbagai inovasi dan strategi bisnis yang dilakukan, NTB Mall berhasil meningkatkan omzet, laba, dan jumlah produk yang dijual secara signifikan.

Data transaksi menunjukkan bahwa omzet penjualan produk UKM di NTB Mall mencapai Rp2,4 miliar periode Januari-Oktober 2023. Jumlah ini naik hampir dua kali lipat dibandingkan dengan penjualan pada periode yang sama tahun 2022 sebesar Rp1,1 miliar.

Laba yang dihasilkan NTB Mall juga mengalami lonjakan yang luar biasa, yaitu mencapai Rp388 juta pada 10 bulan terakhir tahun 2023. Angka ini meningkat 133 persen dibandingkan dengan laba pada periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp166 juta.

Peningkatan kinerja NTB Mall juga terlihat dari jumlah produk yang dijual, yang mencapai 14.546 produk dari 234 UKM yang ada di seluruh NTB. Jumlah ini melonjak drastis setelah NTB Mall memiliki tempat baru di Islamic Center. Sebelumnya, produk UKM yang bisa dijual hanya 1.317 produk saja.

Salah satu faktor yang mendukung pertumbuhan NTB Mall adalah ekspansi bisnisnya ke beberapa lokasi strategis, seperti NTB Mall Islamic Center, Bandara Internasional Lombok, Wisma NTB di Jakarta, dan NTB Mall yang ada di Malaysia.

Selain itu, NTB Mall juga memanfaatkan teknologi digital untuk menjual produk-produknya melalui toko daring dan barcode oleh-oleh NTB Mall yang tersebar di 3.000 kamar hotel.

Di balik kesuksesan NTB Mall, ada sosok Indah Purwanti, Direktur Utama NTB Mall yang telah memimpin perusahaan ini sejak 1 Januari 2022. Wanita pengusaha ini berhasil mengubah NTB Mall menjadi mitra terbaik UKM NTB untuk menjual produk-produk mereka.

Namun, di tengah tren positif yang sedang dialami NTB Mall, Indah Purwanti justru mengambil keputusan mengejutkan dengan mengundurkan diri dari jabatannya. Sejak 1 November 2023, dia mengundurkan diri karena alasan ingin fokus mengembangkan usaha-usahanya sebagai seorang pengusaha swasta.

“Saya merasa sudah waktunya keluar, sejak 1 tahun 10 bulan ini sudah ada progres, saya kira sudah bisa auto pilot. Jadi ini momen saya untuk kembali mengelola usaha-usaha saya,” kata Indah saat ditemui wartawan, Rabu (1/11/2023).

Indah enggan berkomentar banyak tentang isu-isu yang beredar terkait adanya tekanan pihak lain terkait keputusannya keluar dari NTB Mall. Dia hanya berharap pengelola selanjutnya memiliki komitmen yang lebih baik dalam mengembangkan bisnis UKM ini.

“Saya berharap yang terbaik saja untuk NTB Mall, kita sudah letakkan pondasi yang kuat untuk usaha ini,” katanya.

Keputusan Indah Purwanti keluar dari NTB Mall juga memicu reaksi sejumlah kalangan. Mulai dari pelaku UKM hingga pelanggan NTB Mall.

Kepala Dinas Perdagangan NTB Baiq Nelly Yuniarti sangat menyayangkan hal ini terjadi. Nelly mengakui, Indah Purwanti memiliki semangat luar biasa dalam mengembangkan NTB Mall menjadi seperti saat ini.

“Kami harus mengucapkan terima kasih kepada Bu Indah, kami tidak bisa juga tidak mempertimbangkan, karena beliau alasannya mengurus kembali usahanya. Capaiannya luar biasa, ini program unggulan karena dananya sedikit tapi mampu menjual produk UKM kita dengan sangat luar biasa,” ujar Nelly.

Nelly juga menegaskan, pihaknya belum menentukan pengganti untuk jabatan Dirut NTB Mall. Operasional saat ini akan diserahkan sepenuhnya kepada manajemen yang sudah ada. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini