NTB Mulai Dilanda Hujan Deras, Ini Tips Cari Aman Naik Motor Saat Hujan

0
68
.
.

Mataram, ntbone – Provinsi NTB mulai dilanda huja deras pada akhir November 2023. Bahkan, musim hujan kali ini perlu diwaspadai, karena disertai angin kencang dan hujan deras.

Kondisi ini tentunya berisiko saat berkendara di jalanan, terlebih jika terjadi genangan air, hujan lebat disertai angin dan banjir. Yang tak kalah berbahayanya lagi adalah, potensi pohon tumbang di jalanan wilayah NTB.

Oleh karena itu, perlu mempersiapkan diri, memastikan kendaraan sepeda motor sudah oke dan tetap hati-hati dan cari aman selama berkendara di jalanan wilayah NTB.

Instruktur Safety Riding Astra Motor NTB Satria Wiman Jaya memberikan sejumlah tips cari aman berkendara saat mengalami hujan di perjalanan.

Karena, sebagai pengendara motor, harus punya persiapan lebih mengingat motor berbeda dengan mobil dan kondisi hujan menjadi tantangan sendiri untuk dilewati.

“Selain membawa perlengkapan anti air (jas hujan), juga harus menerapkan kebiasaan dan cara mengemudi yang baik,” jelas Satria.

Berikut 5 tips cari aman naik motor saat hujan. Pertama adalah menyiapkan jas hujan. Hindari menggunakan jas hujan selimut, tapi sebaiknya memakai jas hujan stelan celana dan baju.

Jas hujan ini bisa menjadi solusi ketika terpaksa harus menerjang hujan karena kebutuhan mobilisasi. Gunakan jas hujan yang sesuai dan nyaman untuk dipakai, serta perlengkapan seperti sarung tangan dan sepatu boots anti air jika memungkinkan.

Hindari model ponco yang dapat membahayakan pengemudi di jalan. Jika berencana berkendara di saat cuaca tidak menentu, pastikan juga agar mengenakan pakaian yang tebal atau berlapis agar melindungi tubuh dari dingin dan lembab.

Kedua, memastikan agar lampu depan menyala ketika menerjang hujan agar bisa melihat kondisi jalan dengan baik dan dapat dilihat oleh pengendara lainnya dengan mudah.

Ketiga, pengendara motor harus mengubah cara berkendara saat menerjang hujan. Pastikan agar mengendarai dengan kecepatan rendah dan tidak mengerem mendadak agar ban tidak selip dan tidak membahayakan pengendara lainnya. Begitu juga harus menjaga jarak kendaraan agar terhindar dari pengereman mendadak.

Keempat, berteduh jika keadaan di jalan memburuk. Jika dirasa hujan terlalu deras dan jarak pandang menjadi sangat terbatas, ada baiknya menepi dan mencari tempat berteduh. Selain dapat menjaga tubuh dari guyuran hujan, juga bisa beristirahat sejenak. Tunggu hingga hujan mereda, baru melanjutkan perjalanan.

Kelima, tingkatkan kewaspadaan saat berkendara. Berkendara saat hujan artinya harus semakin meningkatkan kewaspadaan karena kondisi di jalan semakin sulit untuk diprediksi.

Bisa saja jalanan jadi lebih licin, jarak pandang terbatas, atau jalan berlubang tertutup genangan air yang bisa sangat berbahaya jika tidak dihindari. Maka berhati-hatilah saat berkendara, pastikan juga agar selalu mengikuti marka jalan yang ada.

“Yang tak kalah pentingnya juga adalah pastikan kondisi sepeda motor dalam kondisi siap dan prima,” pungkas Satria. (Din)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini