Beranda Ekbis PLN NTB Gelar Apel Bulan K3 Nasional di Lombok dan Sumbawa

PLN NTB Gelar Apel Bulan K3 Nasional di Lombok dan Sumbawa

23
0
Bulan K3 Nasional
Para karyawan PLN NTB mengikuti apel Bulan K3 Nasional 2024. (Dok PLN)

Mataram, ntbone – PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Barat (UIW NTB) menggelar apel Bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Nasional 2024 untuk memperkuat komitmennya menjadikan keselamatan dan kesehatan sebagai prioritas utama dalam setiap aktifitas kerja.

Apel Bulan K3 Nasional dilakukan oleh seluruh unit kerja, baik di Pulau Lombok maupun di Pulau Sumbawa, Provinsi NTB, pada 12 Januari 2024.

Pelaksanaan Bulan K3 Nasional 2024 mengusung tema “Berbudaya K3 untuk Mewujudkan Aktivitas Ketenagalistrikan yang Aman, Sehat, Selamat, dan Berkelanjutan”.

General Manager PLN UIW NTB, Sudjarwo menjadi inspektur apel. Seluruh senior manager dan seluruh manager unit pelaksana di Pulau Lombok, mengikuti kegiatan apel tersebut.

Dalam sambutan, Sudjarwo menekankan pentingnya menciptakan budaya K3 yang kuat untuk mewujudkan aktifitas ketenagalistrikan yang aman, sehat, selamat, dan berkelanjutan sesuai dengan tema bulan K3 tahun 2024.

“K3 bukan hanya sekadar kebijakan, melainkan landasan moral. Ini adalah tanggung jawab kita kepada diri sendiri, rekan kerja, dan masyarakat,” katanya.

Ia mengatakan menjadikan K3 sebagai prioritas utama bukanlah sekadar kepatuhan terhadap regulasi, melainkan sebuah tanggung jawab moral terhadap karyawan, mitra kerja, dan seluruh pemangku kepentingan.

Sudjarwo juga menekankan bahwa untuk menciptakan budaya K3, manajemen harus menjadi role model dalam implementasinya di setiap unit kerja.

“Manajemen harus menjadi contoh nyata dalam menerapkan praktik K3. Keteladanan inilah yang akan memberikan dampak positif dan membentuk budaya keselamatan yang diinginkan,” ujarnya.

Pada peringatan Bulan K3 tahun 2024, PLN UIW NTB menggelar berbagai kegiatan, di antaranya adalah lomba cerdas cermat K3, sertifikasi pemadam kebakaran dan beberapa kegiatan K3 yang bersinergi bersama dengan para pemangku kepentingan.

Kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kesadaran keselamatan dan kesehatan kerja serta mencerminkan komitmen PLN NTB untuk menjadikan K3 sebagai prioritas utama.

Melalui peringatan bulan K3, PLN NTB mengajak seluruh pegawai, mitra, dan para pemangku kepentingan untuk bersama-sama berkomitmen menjadikan keselamatan dan kesehatan kerja sebagai perhatian di dunia ketenagalistrikan. Karena tidak ada yang lebih penting dari jiwa manusia.

Dalam konteks ini, Sudjarwo juga menegaskan bahwa pesan tentang K3 harus selalu disampaikan dalam setiap aktifitas proses bisnis PLN.

“Saya berpesan kepada seluruh Manager Unit agar jangan pernah lelah untuk menyampaikan pentingnya keselamatan dan kesehatan kerja kepada pegawai, mitra kerja, dan seluruh stakeholder yang terkait. Ini bukan hanya tugas kita sebagai pemimpin, tetapi juga tanggung jawab bersama untuk menjaga setiap orang yang terlibat dalam lingkungan kerja PLN NTB,” ucap Sudjarwo. (Din)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here