Beranda NTB Ratusan Pegawai PLN di NTB Disuntik Vaksin Covid-19

Ratusan Pegawai PLN di NTB Disuntik Vaksin Covid-19

11
0
Petugas medis mengecek suhu tubuh karyawan PLN sebelum memberikan vaksin. (Dokumen PLN)
Petugas medis mengecek suhu tubuh karyawan PLN sebelum memberikan vaksin. (Dokumen PLN)

Mataram, NTBOne – 28/3/2021 – PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Nusa Tenggara Barat berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan NTB dan Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Mataram, untuk melakukan suntik vaksin Covid-19.

Vaksinasi digelar di kantor PLN UIW NTB, pada Minggu (28/3), dan diikuti oleh 100 pegawai PLN yang berlokasi di Lombok.

General Manager PLN UIW NTB, Lasiran, menjelaskan bahwa program vaksinasi ini merupakan upaya PLN untuk memberi perlindungan tubuh kepada pegawainya agar tidak jatuh sakit akibat Covid-19.

Tidak hanya itu, kegiatan tersebut juga bertujuan mendukung program pemerintah, yaitu percepatan program vaksinasi nasional sebanyak satu juta vaksin per bulan.

“Sebagai perusahaan layanan publik yang bekerja non stop 24 jam sehari untuk melayani dan menyediakan listrik, kami wajib untuk memberikan rasa aman dan nyaman, tidak hanya untuk petugas tapi juga untuk masyarakat yang merupakan pelanggan kami,” ujar Lasiran.

Sebelumnya, sebanyak 357 pegawai PLN di NTB, telah memperoleh vaksin Covid-19. Rencananya kegiatan ini akan dilakukan secara bertahap hingga seluruh pegawai PLN akan memperoleh vaksin tahap pertama, dan berlanjut dengan vaksin tahap kedua.

Pemberian vaksin sebelumnya diprioritaskan untuk pegawai critical, yakni pegawai yang berkaitan langsung dengan proses penyediaan tenaga listrik seperti operator, petugas yang melakukan pemeliharaan rutin, tim pekerjaan dalam keadaan bertegangan, dll.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Dinas Kesehatan Provinsi NTB dan juga Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Mataram sehingga rangkaian vaksinasi hari ini berjalan lancar. Tentunya, dengan tetap berpedoman pada protokol pencegahan Covid-19,” kata Lasiran.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan NTB Dr. H. Lalu Hamzi Fikri, MM, MARS, menjelaskan bahwa pemberian vaksin dosis pertama bertujuan untuk memicu respons kekebalan awal, sedangkan dosis kedua (booster) untuk menguatkan respons imun yang telah terbentuk sebelumnya.

Fikri berharap masyarakat tetap mematuhi 5M, yaitu memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi.

“Vaksinasi bukan berarti melupakan protokol kesehatan, Dengan vaksinasi, tingkat kekebalan tubuh semakin meningkat, sehingga risiko terkena virus semakin bisa ditekan. Semakin banyak populasi yang mendapatkan vaksinasi, semoga pandemi ini segera berlalu,” ujar Fikri.

Dengan adanya vaksinasi hari ini, total sebanyak 457 pegawai PLN telah berhasil tervaksinasi Covid-19. Proses vaksinasi yang diberikan merupakan hasil sinergi PLN dengan stakeholder, yaitu Kepolisian Daerah NTB, Dinas Kesehatan NTB, Kantor Kelautan dan Perikanan Kelas II Mataram, dan Puskesmas Mpunda Kota Bima. (Din)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here