Beranda Ekbis Sambut antusiasme MotoGP Mandalika, Pertamina Pastikan Pasokan Energi Aman di Pulau Lombok

Sambut antusiasme MotoGP Mandalika, Pertamina Pastikan Pasokan Energi Aman di Pulau Lombok

80
0

Mataram, ntbone – Pertamina Mandalika International Circuit, Pulau Lombok, NTB, kembali menggelar perhelatan balap MotoGP pada 13-15 Oktober 2023 mendatang.

Jelang perhelatan Pertamina Grand Prix of Indonesia MotoGP tahun ini, Pertamina menjamin pasokan energi mendukung kelancaran pelaksanaan turnamen kelas dunia ini.

Executive GM Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus Dwi Puja Ariestya mengatakan pihaknya menjamin pasokan kebutuhan energi selama sepekan menuju gelaran acara Pertamina Grand Prix of Indonesia 2023 mendatang.

“Kami menjamin kesiapan stok BBM dan juga Avtur untuk kebutuhan masyarakat yang akan turut serta menonton turnamen motor kelas dunia tersebut,” terangnya.

Saat ini, kata dia, kebutuhan energi di provinsi Nusa Tenggara Barat ditopang oleh 3 (tiga) Supply Point utama yakni Integrated Terminal (BBM & LPG) Ampenan di Pulau Lombok, Terminal BBM Bima dan Badas di Sumbawa, serta 2 (dua) Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) yaitu DPPU BIL dan Salahudin.

“Untuk kebutuhan BBM di kabupaten Lombok akan disuplai dari TBBM Ampenan dengan total kapasitas terminalnya sebesar 40.034 kilo liter (kl) untuk semua produk dan kebutuhan avtur disuplai melalui DPPU BIL dengan total kapasitas sebesar 1.261 kl,” kata Ari.

Dikarenakan terdapat tambahan penerbangan baik cargo
maupun penumpang, Pertamina akan memastikan suplai avtur pesawat terbang tercukupi dengan mempersiapkan upgrading stok untuk mengantisipasi kenaikan konsumsi avtur selama perhelatan lomba balap motor tersebut berlangsung.

Selama 7 hari dari 12 – 18 Oktober 2023 permintaan avtur diproyeksi akan mengalami kenaikan lebih dari 190 persen atau sebesar 198 kl dari normal harian 68 kl.

“Fokus kami untuk memenuhi suplai energi, terutama avtur, agar kebutuhan avtur pesawat terbang di Bandara BIL bisa terpenuhi,” jelas Ari

Sedangkan untuk BBM, Pertamina akan membuild up stok BBM mencapai 60 persen lebih di SPBU, dikarenakan terdapat proyeksi peningkatan sales sebesar 43 persen atau sebesar 2.747 kl dari rata-rata normal harian sebesar 2.214 kl.

Hal tersebut dilakukan karena jumlah kendaraan roda 2 maupun roda 4 atau lebih pada saat perhelatan Pertamina Grand Prix of Indonesia nanti di prediksi akan meningkat. Terminal BBM Ampenan akan menambah transportir dan jam layanan operasional ditambah 4 jam lebih awal.

Selain itu, Pertamina juga menyiapkan beberapa layanan tambahan diantaranya Layanan 24 Jam untuk SPBU jalur wisata saat gelaran MotoGP 2023 dan 1 Modular Khusus Pertamax Turbo untuk konsumsi BBM operasional race termasuk safety car.

“Masyarakat dihimbau membayar menggunakan non tunai untuk mempercepat antrian pengisian BBM. Saat ini di Lombok terdapat jalur khusus pembayaran nontunai MyPertamina Line untuk mempercepat pelayanan dan memangkas antrian,” ucap Ari.

Untuk mendukung kemeriahan event MotoGP di Mandalika, Pertamina akan memberikan merchandise exclusive MotoGP dalam Program GP Experience kepada para pelanggan setia Pertamax Turbo dan Pertamina Dex yang berlangsung dari tanggal 10 sampai dengan 15 Oktober 2023.

Dukungan Pertamina tidak terbatas hanya dalam kegiatan turnamen balap MotoGP saja, namun juga ikut mendukung pertumbuhan ekonomi di kawasan Mandalika dan sekitarnya melalui bazar UMKM yang diadakan pada saat perhelatan balap motor tersebut.

Sebanyak 40 pelaku UMKM yang berasal dari masyarakat sekitar pulau Lombok turut berpartisipasi dalam bazar UMKM Pertamina Grand Prix of Indonesia di Mandalika. Harapannya event ini memberikan kemaslahatan bagi masyarakat Lombok. (Din)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here