Beranda Headline Siswi SMA Negeri 2 Selong Jadi Penggagas Antena TV Digital Monster dalam...

Siswi SMA Negeri 2 Selong Jadi Penggagas Antena TV Digital Monster dalam Ajang AHM Best Student 2023

45
0

Mataram, ntbone – Dua orang siswi SMA Negeri 2 Selong, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi NTB, menggagas antena TV Digital Monster dalam ajang AHM Best Student 2023.

Adapun yang melatarbelakangi gagasan siswi SMA Negeri 2 Selong itu, yakni sulitnya masyarakat di daerah dataran rendah mendapatkan sinyal TV Digital, karena kondisi geografis, terhalang gedung dan pepohonan, hingga jarak dan lokasi pemancar yang cukup jauh.

Dua siswi SMA Negeri 2 Selong, yakni Cahaya Rizkika Imanda dan Ratna Ayu Pramesti. Keduanya membuat ide kreatif ini tak lain untuk beradu gagasan bersama ratusan peserta AHM Best Student 2023.

Ajang bergengsi ini rutin digelar oleh PT. Astra Honda Motor (AHM) sebagai salah satu bentuk apresiasi untuk generasi muda berbakat di Indonesia.

Masuk dalam tahun pelaksanaan ke 20 dengan mengusung spirit tagline ‘Gen Z Kuat, Indonesia Hebat’ ajang ini telah menghasilkan 1.284 orang total jumlah alumni 2003-2022.

Ajang bergengsi ini akan menjaring karya terbaik yang sejalan dengan 17 indikator sdg’s sebagai bentuk kontribusi pengembangan SDM unggul.

Tercatat sebanyak 742 karya dari 390 sekolah di 27 provinsi, mengikuti kompetisi ini. Seleksi dilakukan secara bertahap di tingkat provinsi hingga akhirnya terpilih 20 karya siswa terbaik yang bisa mengikuti tahapan Grand Final pada 31 Oktober 2023 lalu.

Dikatakan oleh Adm.Fin Manager Astra Motor NTB Ivan Pratama, pelaksanaan AHM Best Student telah menjadi ajang bergengsi bagi siswa SMA multitalenta di seluruh Tanah Air untuk mengadu ide dan gagasan menawarkan solusi untuk pembangunan berkelanjutan.

Beragam ide dan invensi lahir dari generasi muda untuk kepentingan masyarakat dan lingkungan. Salah satu ide kreatif tersebut datang dari perwakilan SMAN 2 Selong yang menjadi salah satu dari 20 karya siswa terbaik untuk mewakili Astra Motor NTB selaku Main Dealer sepeda motor Honda di Provinsi NTB.

“Antena Monster V2 berhasil menangkap sinyal kecil yang berada di luar frekuensi pancaran sinyal dengan kualitas yang baik. Juga proses pembuatan dan desain antena yang mudah, murah dan efisien untuk di buat oleh masyarakat awam ataupun teknisi TV Digital,” jelas Ivan.

AHM Best Student 2023 membagi ajang adu gagasan untuk anak setingkat SLTA ini dalam dua kategori, yakni ide dan invensi atau temuan. Pada tahun ini, AHM mengusung tema Sustainable Development Goals (SDG’s) atau tujuan pembangunan berkelanjutan.

Berpijak pada 3 pilar utama AHM Best Student, yaitu Care, Creative, dan Confident, seleksi dilakukan tidak hanya pada karya yang diajukan tapi juga keaktifan siswa dalam kegiatan sosial, kompetensi soft skill hingga non akademik.

Dengan bermodalkan bahan pembuatan Antena Monster V2 senilai Rp 107.350 manfaat dari produk ini sangat melengkapi sarana informasi dan komunikasi khususnya untuk masyarakat di pelosok atau rural. Serta dengan pemanfaatan yang baik tentunya produk ini mampu meningkatkan kualitas video dan audio TV Digital.

 

Meet and Greet Inspiratif

Selain beradu kemampuan dalam menghasilkan karya terbaik pada rangkaian kegiatan seleksi final, para peserta juga diajak melihat langsung proses produksi sepeda motor Honda di pabrik AHM.

Para finalis juga mendapatkan pembekalan soft skill dan mentalitas yang kuat dari inspirator atlet Paralympic M. Fadly, serta berdiskusi sarat inspirasi bersama Executive Vice President Director AHM Thomas Wijaya.

Selain itu, para peserta berkesempatan untuk mendapatkan edukasi keselamatan berlalu lintas dengan Honda Riding Trainer (HRT) yang diajari langsung oleh Astra Honda License Instructor di AHM Safety Riding & Training Center (SRTC), Deltamas, Bekasi. (Din)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here