Beranda Ekbis Soft Opening Pabrik Block Solutions di Lombok 

Soft Opening Pabrik Block Solutions di Lombok 

109
0
.
.

Lombok Barat, ntbone – Pabrik Block Solutions, perusahaan teknologi terkemuka yang mampu mengembangkan dan memproduksi model blocks (batako) dari hasil daur ulang plastik yang ramah lingkungan, resmi menggelar soft opening pada Senin, 26 Juni 2023.

Acara yang berlangsung di Badan Riset dan Inovasi Daerah (Brida) Nusa Tenggara Barat (NTB) ini dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, termasuk perwakilan pemerintah, duta besar, dan pengusaha ternama.

Kehadiran para tamu undangan disambut oleh Gendang Beleq dari Sanggar Budaya Pelangi. Tari pembuka acara ini adalah Kembang Setanggi dari Sanggar Tari Dewi Saraswati, yang memukau para tamu undangan dengan keindahan gerakan dan pesan yang disampaikan melalui tariannya.

Soft opening pabrik Block Solutions ini menjadi momen bersejarah bagi industri teknologi di Indonesia.

Berbagai tokoh penting hadir dalam acara tersebut, termasuk Kepala Brida NTB, Dr. Ir. H. Amry Rakhman, M.Si. Dalam sambutannya, beliau memaparkan 3 manfaat hadirnya pabrik block solutions di Lombok.

“Setidaknya ada tiga manfaat adanya pabrik ecoblock ini. Yang pertama adalah mengurangi limbah plastik dan emisi karbon di lingkungan. Yang kedua, dihasilkan block yang berbahan dari limbah. Yang ketiga, pabrik ini sebagai media untuk riset, inovasi, dan transfer teknologi, juga bisa sebagai wisata terkait pengolahan ecoblock,” ujar Dr. Amry.

Jimmy Hutasoit, Country Director Block Solutions Indonesia, menyampaikan rasa bangganya atas kesuksesan pembukaan pabrik ini dan berharap Block Solutions dapat terus berkontribusi dalam mengembangkan sektor teknologi di Indonesia.

“Bagi kami, block solutions Indonesia ini maknanya adalah hari lahir seorang bayi bernama inovasi yang berwawasan lingkungan. Bayi ini lahir dari seorang ibu yang bernama block solutions teknologi. Harapannya, bayi inovasi ini bisa tumbuh besar dan menjadi solusi dalam menyelesaikan masalah sampah plastik,” ucap Jimmy.

Tidak hanya itu, acara ini juga dihadiri oleh Pekka Kaihilahti, Duta Besar Finlandia untuk Indonesia, dan Anthea Griffin, Konsul Jenderal Australia. Kehadiran mereka menunjukkan dukungan dan kepercayaan negara-negara tersebut terhadap kemajuan teknologi di Indonesia.

Duncan Ward dan Brad Moreland, Executive Director Block Solutions Asia, juga turut hadir dalam acara ini. Mereka memberikan penjelasan mengenai inovasi terbaru yang akan dihasilkan oleh pabrik Block Solutions di Lombok.

Markus Silfverberg, Pendiri Block Solutions Finland, juga ikut hadir dalam acara ini. Ia memberikan apresiasi atas kerja sama yang terjalin antara Block Solutions Indonesia dan Block Solutions Finland, yang telah mendorong perkembangan teknologi di Indonesia.

Acara ini juga dihadiri oleh Tanya Armstrong, CEO Classroom of Hope, organisasi asal Australia Barat yang sudah membangun sekolah-sekolah di daerah yang banyak anak-anaknya tidak bisa sekolah,.yang berkomitmen untuk mendukung pendidikan di Indonesia.

Keberadaan organisasi ini di acara soft opening pabrik Block Solutions menunjukkan komitmennya dalam memberikan dampak positif kepada masyarakat luas.

“Terima kasih telah membawa produk block ini ke dunia. Ini adalah sebuah transformasi dalam bidang pembangunan. Terima kasih juga telah mempercayakan kami dalam proyek ini,” ucapnya.

Selain itu, hadir pula Christian Banno sebagai perwakilan investor yang mengungkapkan bahwa terkucur dana sebesar 3 juta euro untuk pembangunan pabrik Block Solutions ini. Baginya, ini merupakan momen yang sangat luar biasa, dan pihaknya membutuhkan dukungan berkelanjutan dari semua pihak karena ada pekerjaan panjang ke depannya.

Christine Halim sebagai Ketua ADUPI (Asosiasi Daur Ulang Plastik Indonesia). Menurut Christine, pembangunan pabrik ini di Lombok adalah pekerjaan terbaik yang pernah dia lihat.

“Ini adalah the best job yang pernah saya lihat. Ini adalah inovasi yang bagus karena sampah kita adalah tanggung jawab kita, diolah agar memiliki nilai ekonomi. Kita tidak ingin mewariskan bumi yang kotor, kita ingin mewariskan kebaikan. Kita hanya punya satu bumi, jadi harus kita pelihara planet ini,” ungkap Christine.

Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, hadir membuka acara soft opening Pabrik Block Solutions ini. Beliau mengungkapkan dua hal penting terkait dengan pembangunan berkelanjutan.

“Kita sudah berhasil mencapai banyak hal di NTB. Sebagai tuan rumah MotoGP, superbike, MXGP di Lombok dan Sumbawa. Dan hadirnya Block Solutions ini adalah salah satu hal yang tidak kalah spektakulernya. Bila kita bicara sustainable development (pembangunan berkelanjutan, red), ada dua hal penting. Yang pertama adalah isu teknologi, yang kedua adalah isu lingkungan. Pabrik Block Solutions hadir menyelesaikan dua hal tersebut,” ucap Bang Zul, sapaan akrab Gubernur NTB.

Soft opening pabrik Block Solutions di Lombok ini diharapkan menjadi awal yang baik dan menjadi tonggak bersejarah bagi perkembangan industri teknologi di NTB pada khususnya.

Dengan dukungan dari berbagai pihak, termasuk pemerintah, duta besar, dan tokoh pengusaha ternama, acara ini menunjukkan komitmen Block Solutions dalam mendorong inovasi dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia pada umumnya.

Diharapkan pabrik ini dapat menjadi pusat produksi teknologi yang memberikan dampak positif bagi masyarakat lokal dan menciptakan lapangan kerja yang lebih luas. Dengan demikian, soft opening ini menjadi langkah awal yang menggembirakan menuju masa depan cerah bagi industri teknologi Indonesia. (Din)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here